Kembangkan Kopi Robusta, Pemkot Siapkan 1.200 Hektare Lahan

0
220
Kembangkan Kopi Robusta, Pemkot Siapkan 1.200 Hektare Lahan Kotamobagu
Sofyan Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) menyiapkan lahan seluas 1.200 hektare untuk pengembangan kopi jenis robusta di Kota Kotamobagu. Hal ini diutarakan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Ramjan Mokoginta.

Menurutnya, lahan seluas itu disiapkan di Area Perkebunan Mobalang, Desa Poyowa Besar, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Alasan dipilihnya lokasi itu karena kualitas tanahnya yang sangat cocok untuk pengembangan kopi robusta. “Diukur dari ketinggiannya mencapai 950 meter di atas permukaan laut. Di sana cocok untuk pengembangan kopi,” katanya.

Ia mengakui, kopi merupakan salah satu potensi pertanian yang menjanjikan untuk dikembangkan. Kopi adalah satu produk unggulan daerah kita, dan ini akan terus dikembangkan,” ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Sofyan Mokoginta, mengungkapkan pengembangan tanaman kopi di Kotamobagu sudah sesuai penetapan Kementrian Pertanian pada 2016 lalu, dan baru akan dimulai tahun ini. “Sebagai tindaklanjutnya kita akan bekerja sama dengan Puslit Koka (Pusat Penilitian Kopi dan Kakao) Jember untuk melakukan penelitian kembali unsur tanah dan iiklim di lokasi itu,” ungkapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here