Kembangkan Potensi Perikanan, Pemkot Salur 100 ribu Bibit Ikan Nila

0
222
Kembangkan Potensi Perikanan, Pemkot Salur 100 ribu Bibit Ikan Nila Kotamobagu
Penyaluran bibit ikan nila oleh Kepala Dinas Pertanian kepada kelompok penerima bantuan.

ZONA KOTAMOBAGU – Potensi perikanan sangat menjanjikan. Ada berbagai jenis ikan yang dikembangkan masyarakat lewat kelompok-kelompok budidaya, termasuk ikan nila. Data diperoleh, produksi ikan nila di Kota Kotamobagu dalam setahun berada di atas angka 300 hingga 400 ton. Melihat besarnya potensi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui instansi terkait tertarik untuk mengembangkannya lewat berbagai program. Salah satu yang dilakukan adalah menyalurkan bantuan bibit dan pakan kepada kelompok-kelompok budidaya ikan.

Beberapa hari lalu, Dinas Pertanian dan Perikanan menyalurkan 100 ribu bibit ikan nila serta 2 ribu kilo gram pakan ke 10 kelompok budidaya ikan. “Sebelumnya kita salurkan bantuan kepada kelompok budidaya ikan patin. Untuk kali ini yang dapat bantuan adalah kelompok budidaya ikan nila,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Muljadi Suratinoyo.

Ia mengungkapkan, pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk menggenjot produksi ikan nila yang muaranya pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Potensi perikanan di sini sangat menjanjikan. Peluang ini yang kita tangkap dengan memberi rangsangan ke masyarakat lewat pemberian bantuan bibit dan pakan ke kelompok-kelompok budidaya ikan,” ungkapnya.

Lanjutnya, setiap kelompok mendapatkan bantuan bibit sebanyak 10 ribu ekor dan 200 kilo gram pakan. Namun sebelum bantuan itu disalurkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survey lapangan soal kelayakan menerima bantuan tersebut. Hal itu dilakukan agar kelompok penerima bantuan itu benar-benar layak menerimanya. “Ini tidak hanya sampai pada penyaluran bibit dan pakan saja, kita akan awasi action-nya di lapangan. Kemudian akan ada juga pendampingan dari penyuluh agar proses pemeliharaan hingga panennya bisa maksimal,” ujarnya.

Ia berharap, kelompok penerima bantuan itu dapat memanfaatkannya dengan baik. Agar tujuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa dicapai. “Harapan kita bantuan ini dimanfaatkan dan dikelola dengan baik,” harapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here