Kesbangpol Siap Salurkan 600 Juta Dana Banpol

0
321
Kesbangpol Siap Salurkan 600 Juta Dana Banpol Kotamobagu
KOTAMOBAGU – Dana bantuan politik (Banpol) sebesar Rp600 juta yang ditata dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016 siap disalurkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Saat ini pihak Kesbangpol tinggal menunggu permintaan dana dari tiap parpol untuk pencairannya.
Kepala Kesbangpol, Irianto Mokoginta mengungkapkan, pencairan banpol dilakukan setelah audit BPK atas penggunaan anggaran di tahun sebelumnya. “Hasil audit sudah kami pegang. Rata- rata parpol ada catatan administrasi. Saya berharap untuk tahun anggaran ini, pengurus parpol dapat menggunakan dana yang ada sebaik mungkin dengan administrasi yang baik pula,” kata Irianto di kantornya beberapa waktu lalu.
Kesbangpol jauh- jauh hari sudah menyurati seluruh pimpinan parpol agar segera mengajukan proposal pencairan dana banpol. Sebab jika sampai 15 Desember mendatang tidak tersalur, dana ini akan menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). “Semua pengurus parpol supaya proaktif dan segera mengajukan dokumen pencairan. Tentu lebih cepat lebih baik,” ujar Irianto.
Terpisah Ketua DPC PDIP Kotamobagu Meydi Makalalag mengatakan, telah menyiapkan seluruh administrasi untuk mengajukan pencairan dana banpol. Sejumlah kegiatan terutama untuk pendidikan politik kepada kader dan masyarakat, serta operasional partai membutuhkan biaya tak kecil. “Sejak lama kami sudah siapkan administrasi pengajuan pencairan dana. Sehingga saat audit BPK sudah ke luar seperti sekarang, langsung kami ajukan permintaan pencairan,” tandas Makalalag.(gito)
Dana Banpol yang Diterima Parpol
 
Nama Partai             Anggaran (Rp)
PAN:                              Rp190.061.800
Golkar:                          Rp110.240.500
PDIP:                             Rp64.990.000
Demokrat:                     Rp58.655.900
PKB:                               Rp46. 395.100
PKS:                               Rp33.678.400
Gerindra:                       Rp54.465.500
Hanura:                          Rp42.214.400
Sumber: Kesbangpol Kotamobagu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here