KI Sulut Gelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di Boltim

0
300
KI Sulut Gelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di Boltim Boltim
Suasana diskusi dan sosialisasi KI Sulut di Boltim

ZONA BOLTIM – Bertempat di lantai II kantor Bupati Boltim, Kamis (13/8), Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar diskusi dan sosialisasi UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta Peraturan Pemerintah nomor 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan UU No.14/2008.

Dalam kesempatan tersebut hadir selaku pemateri, Wakil Ketua KI Sulut Drs Nolly Londa, Ketua Bidang Kelembagaan KI Sulut Drs Lano Lengkong, dan Anggota Komisioner KI Sulut Reidy Sumual S,Sos.

Di hadapan para peserta, pemateri mengemukakan bahwa tujuan UU dan Peraturan pemerintah tersebut untuk menciptakan situasi yang baik, bersih dan transparan di tubuh pengelola negara, dalam hal ini Presiden, Gubernur dan Bupati-Wali Kota.

“Sehingga itu, dalam pengelolaan keuangan melalui APBD maupun APBN, harus diketahui oleh masyarakat. Terutama dalam pelaksaan proyek, masyarakat harus mengawasinya. Dengan begitu kita bisa mencegah agar terjadinya penyalahgunaan keuangan,” terang Londa.

Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa mengatakan, dalam era transparansi publik saat ini, sangat dibutuhkan kegiatan sosialisasi keterbukaan publik, agar masyarakat mengenal lebih jauh tentang informasi.

“Atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dari sini kita lebih mengedepankan hal keterbukaan kepada masyarakat. Wajib masyarakat mendapatkan informasi dari tubuh pengelola negara,” kata Amin.

Kepala Bagian (Kabag) Humas, Uyun K. Pangalima menyampaikan, meski Boltim belum mempunyai wadah Komisi Informasi Publik namun keterbukaan informasi publik terus dilakukan Humas Pemkab.

“Kami selaku Humas Pemkab sudah melakukan informasi-informasi berupa perkembangan Boltim sekaligus tata cara pengelolaan keuangan daerah melalui mitra kami dalam hal ini adalah wartawan,” tuturnya.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here