KMBK Gelar Lomba Burung Berkicau

0
213

KMBK Gelar Lomba Burung Berkicau Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Dalam rangka syukuran berdirinya klub pencinta burung KMBK (Kotamobagu Berkicau), Panitia Pelaksana menggelar kegiatan lomba KMBK Championship Tahun 2016, Minggu (24/1).

Menurut Ketua KMBK sekaligus Ketua panitia pelaksana, Soni Sumarsono, selain dalam rangka syukuran atas berdirinya Klub Pecinta Burung di Kota Kotamobagu, kegiatan tersebut merupakan wadah pemersatu bagi para pencinta burung yang ada di Kota Kotamobagu maupun antar sesama pencinta burung dari daerah lain.

“Ini juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan sejumlah satwa yang keberadaanya nyaris punah,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, pada kegiatan lomba tersebut terdapat 13 kategori yang diperlombakan. Dengan 6 (enam) daerah peserta, masing-masing Kota Kotamobagu, Bolmong, Tomohon, Manado, Bitung dan Gorontalo.

“Para peserta lomba mengikuti sejumlah kategori, seperti untuk jenis burung Kenari, Love Bird, Pleci, Kacer, Cucak Hijau dan Muray Batu yang merupakan kelas paling bergengsi dalam lomba kali ini,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Kotamobagu yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Kota Kotamobagu, Agung Adati, menyampaikan apresiasi kepada pihak KMBK Kotamobagu, yang telah sukses menggelar Lomba Burung Berkicau. Ia berharap agar kegiatan tersebut bisa menjadi iven tetap di Kotamobagu.

Apalagi kegiatan seperti ini sangat tepat dijadikan objek wisata di Kotamobagu,” ujar Agung.

Ditambahkannya, agar dengan adanya lomba seperti itu, tak hanya menjadi tontonan semata akan tetapi dapat mendorong upaya pelestarian sejumlah burung yang keberadaannya hampir punah.

“Yah, tentu upaya penangkaran harus terus diupayakan secara masif, termasuk menjaga habitat lingkungan kehidupan satwa yang ada saat ini,” harap mantan Sekretaris KPU Kotamobagu itu.

Dalam lomba yang dilaksanakan di kompleks Terminal Bonawang-Mongkonai tersebut, kontingen KMBK Kota Kotamobagu berhasil meraih Juara Umum, setelah berhasil memenangkan kurang lebih 16 kategori dari berbagai kategori yang dilombakan.(*/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here