Komisi II DPRD KK Tinjau Proyek Drainase Mocil

0
542
Komisi II DPRD KK Tinjau Proyek Drainase Mocil Kotamobagu
Ir Ishak Sugeha ME

ZONA KOTAMOBAGU – Komisi II DPRD Kota Kotamobagu (KK), meninjau langsung paket proyek pengaspalan jalan dan pembuatan drainase di Kelurahan Motoboi Kecil (Mocil), Kecamatan Kotamobagu Selatan, Rabu (20/8). Pada kunjungan itu, didapati banyak permasalahan dalam pengerjaan proyek tersebut, sebagaimana belakangan menjadi keluhan masyarakat.

Sekretaris Komisi II DPRD KK, Ir Ishak Sugeha ME, mengatakan, dari hasil kunjungan didapati bahwa benar apa yang dikeluhankan masyarakat. “Pekerjaan tersebut banyak syarat teknis yang tidak dilaksanakan sesuai dengan dokumen kontrak,” katanya.

Ishak menguraikan, umumnya pasangan batu baik untuk drainase maupun pas batu talud, campuran spesinya bukan 1Pc : 5Ps sesuai kontrak, sehingga kwalitas pasangan tersebut mudah retak dan pecah pada bagian-bagian tertentu.

Lanjutnya, pasangan batu yang tingginya sudah di atas 1,5 M – 3M, umumnya tidak memiliki lubang sulingan (lobang resapan air), sehingga sangat dimungkinkan mudah terguling, patah atau jatuh ketika ada hujan.

Ishak lanjut menjelaskan, walaupun dalam desain tidak ada koporan pondasi, tetapi pasangan drainase untuk batu koporan harus digali dan ditanam batu awal pasangan, agar bisa menahan posisi pasangan drainase untuk tidak jatuh selain ada pasangan lantai yang tebalnya 15 cm. “Pasangan batu drainase banyak yang asal jadi, baik kelurusan pasangan maupun finishingnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut ditegaskannya, bahwa semua kondisi pengerjaan itu harus segera diperbaiki oleh kontraktor atas arahan dinas Dinas PU sebagai pemilik proyek, agar tidak menjadi masalah yang berkelanjutan. “Jika tidak diperbaiki, maka kami mintakan pihak Dinas PU untuk tidak membayar volume kerja kontraktor tersebut,” tandas Ishak.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here