Kondisi RS Lolak Mubasir dan Memprihatinkan

0
447
Kondisi RS Lolak Mubasir dan Memprihatinkan Bolmong
Tampak sejumlah ruangan RS Lolak

ZONA BOLMONG – Rumah Sakit (RS) yang terletak di Lolak, Bolaang Mongondow, yang dipersiapkan sebagai pengganti RSUD Datoe Binangkang, kondisinya tampak memprihatinkan dan terkesan mubasir.

13 unit gedung RS tersebut terlihat sudah banyak yang mengalami kerusakan, diantaranya atap yang bocor menyebabkan plafon basah hingga jatuh. Beberapa ruangan juga pintunya rusak dan kaca jendelanya pecah, belum lagi sampah berseliweran di mana-mana. Siapapun yang datang ke RS tersebut pasti berpendapat kurang lebih sama, pembangunan bernilai miliaran itu mubazir. Belakangan isu berkembang, proyek pembangunannya diduga sarat penyimpangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) drg Rudiawan mengatakan kondisi bangunan khususnya untuk IGD tidak seperti itu. “Kalau nanti sudah mau dioperasikan, beberapa bagiannya akan dibongkar lagi,” ujar Rudiawan kepada zonabmr.com saat dikonfirmasi, Senin (31/3) kemarin.

Rudiawan menambahkan, untuk memfungsikan RS tersebut masih membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. “Selain perbaikan gedung untuk IGD, juga harus segera dibangun selaras atau bangunan penghubung antargedung satu dengan yang lain,” tandas Rudiawan.

Terpisah, Direktur RS Datubinangkang melalui sekretaris dr. Deybi Kulo, ketika dihubungi zonabmr.com mengatakan, sampai saat ini pengoperasian RS yang ada di Lolak belum jelas, “Pengoperasian belum jelas, bagaimana kami pindah ke Lolak sedangkan fasilitasnya seperti Air, listrik dan lainnya belum ada, apalagi beberapa gedung pendukung belum lengkap,” katanya mempertanyakan.

Diketahui Gedung RS Lolak ini, milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.(uchan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here