Konferwil Ansor Sulut, Banser Boltim Dukung Rusli Gantikan Brani

0
262
Konferwil Ansor Sulut, Banser Boltim Dukung Rusli Gantikan Brani Boltim
Rusli Umar

ZONA BOLTIM – Organisasi kepemudaan di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yakni Ansor Sulawesi Utara (Sulut), akan menyelenggarakan Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk memilih Ketua Pengurus Wilayah Ansor Sulut periode 2015-2020. Konferwil diagendakan pada 20-21 November 2015 di Manado.

Sejumlah nama kader muda Ansor mulai menggema. Dan terkini, nama kader terbaik dan temuda Ansor Sulut yaitu Rusli Umar, mulai menguat. Dukungan pun berdatangan, satu di antaranya dari Kepala Satuan Kordinator Cabang (Satkorcab) Banser Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Susanto Mamonto. Ia menyatakan dukungan kepada Rusli Umar untuk maju sebagai Ketua PW Ansor Sulut.

Menurut Susanto, saat ini Ansor didominasi kelompok tua dan menghalang generasi muda untuk memperlihatkan kemampuan dan kapasitasnya. “Untuk itu sudah saatnya sekarang Ansor itu dipimpin oleh kaum muda, yang notabene masih mempunyai spirit perjuangan yang tinggi serta ide dan gagasan yang cemerlang,” kata Susanto.

Ia melihat potensi itu berada pada Rusli. Kata dia, dilihat dari perjalanan kaderisasi mulai dari level mahasiswa, Rusli adalah seorang yang progresif dan revolusioner dalam setiap gerakan menghadapi ketimpangan. Menurutnya, pengalaman Rusli dalam mengorganisir masyarakat sudah tidak perlu ditanyakan lagi.

“Sahabat Rusli sangatlah tepat untuk menggantikan sahabat Benny Rhamdani (Brani) memimpin Ansor Sulut, tipikal radikal dan intelektual keduanya sangatlah mirip. Jadi saya sebagai kepala Banser Boltim siap mendukung sahabat Rusli untuk memimpin Ansor Sulut,”tegasnya

Sebelumnya, Rusli Umar yang juga Ketua Ansor Manado itu menyatakan telah didukung mayoritas Pengurus Cabang (PC) di Sulut. Di antaranya PC dari Bolmong Raya, Minahasa Raya, dan Kepulauan Nusa Utara.

“Jika dipercayakan, tentunya banyak terobosan, gagasan akan dibuat untuk majukan Ansor Sulut. Seperti silahturahmi dengan ulama, itu sangatlah penting. Karena pedoman-pedoman dari mereka, akan menjadi nafas dalam membenahi organisasi,” kata Rusli.

Lanjutnya, Ansor telah banyak berkontribusi dalam membangun bangsa. Dalam sejarah pergerakan politik, dari mulai proses kemerdekaan, kader Ansor sudah terlibat dalam proses memperjuangankan, melawan penjajah, dan menggagas awal pembentukan negara. Ansor salah satu bagian di dalamnya.

Begitupun juga di daerah, tambah Susanto, banyak kader-kader Ansor yang menempati posisi strategis dalam pemerintahan Sulut. Salah satunya sahabat Benny Rhamdani, kader potensial Ansor Sulut yang menjadi anggota DPRD Provinsi Sulut selama 3 periode. Dan saat ini dipercayakan masyarakat Sulut duduk di Senayan menjadi anggota DPD RI,

“Juga sahabat Zulkifli Golonggom sebagai komisioner KPU Sulut. Jadi sudah tidak bisa diragukan lagi, eksistensi kader Ansor dalam mengawal perjalanan bangsa dan daerah ini, menuju ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

“Intinya, insya Allah saya diberikan amanah dari sahabat menjadi pucuk pimpinan Ansor Sulut, awal yang akan saya buat adalah mengembalikan marwah organisasi sedari awal. Bahwa Ansor adalah organisasi kepemudaan di bawah naungan NU yang siap mengawal perjalanan bangsa dan daerah ini ke arah yang lebih baik, menuju masyarakat yang adil dan sejahtera,” tutupnya.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here