Korban Bencana Kebakaran Akan Tempati Rusunawa

0
293
Korban Bencana Kebakaran Akan Tempati Rusunawa Kotamobagu
PEDULI: Walikota Tatong Bara saat mengunjungi warga Kelurahan Gogagoman yang menjadi korban bencana kebakaran.

ZONAKOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) berencana memindahkan para korban bencana kebakaran dari tempat pengungsian sementara di gedung SKB Gogagoman, ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Hal ini diutarakan Walikota Tatong Bara usai menyerahkan bantuan kepada para korban, Jumat (4/8).

Menurut Tatong, Peraturan Daerah (Perda) tentang pemanfaatan Rusunawa Gogagoman sedang berproses di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Dirinya kata Tatong sudah mengkomunikasikan hal tersebut ke pihak kementrian untuk percepatan penyelesaiannya.

“Saya sudah mendapat jawaban bahwa akhir Agustus atau awal September Rusunawa itu sudah bisa ditempati. Pihak Kemendagri akan mempercepat evaluasinya agar sudah bisa difungsikan,” kata Tatong, disambut tepuk tangan para warga korban bencana kebakaran.

Pada kesempatan itu, Tatong juga berdialog dengan para korban baik itu orang tua maupun anak-anak yang tinggal di pengungsian sementara, sekaligus menyemangati mereka semua agar tetap sabar menghadapi cobaan. “Meski saya berada di Jakarta, tapi saya selalu memantau dan menginstruksikan semua SKPD agar terus mendampingi dan memenuhi kebutuhan para korban. Saya harap bapak-bapak dan ibu-ibu semua selalu diberi kekuatan dalam menghadapinya,” ujar Tatong.

Lurah Gogagoman, Vanny Pudul, mengungkapkan dari 21 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal pasca kejadian kebakaran pekan lalu, terdapat tujuh diantaranya yang tinggal di pengungsian yang disiapkan pemerintah di Gedung SKB. “Mereka yang tinggal di sini ada 29 jiwa dari tujuh kepala keluarga. Yang lainnya memilih tinggal di rumah keluarga dan saudara mereka,” ungkapnyanya.

Ditambahkannya, kebutuhan para korban di pengungsian disiapkan, mulai dari tempat tidur, pakaian serta fasilitas lainnya. “Kemudian untuk anak-anak sekolah sudah kembali bersekolah seperti biasanya,” tambahnya.

Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke tempat pengungsian, Tatong juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para korban. Sebelum itu, Tatong bersama jajaran SKPD juga meninjau lokasi kebakaran di RT 15, Kelurahan Gogagoman. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here