Kotamobagu Satu-satunya Daerah di BMR Yang Belum Cairkan Dana Desa

0
248
Kotamobagu Satu-satunya Daerah di BMR Yang Belum Cairkan Dana Desa Kotamobagu
Muliadi Paputungan

ZONA KOTAMOBAGU – Dengan alasan belum adanya pendamping desa, hingga kini Kota Kotamobagu belum juga menyalurkan dana desa. Kondisi itu mendapat perhatian personil Komisi I DPRD, Muliadi Paputungan.

“Di wilayah BMR (Bolaang Mongondow Raya), Kotamobagu menjadi satu-satunya daerah yang belum mencairkan dana desa. Ini kenapa?” kata Paputungan kepada zonabmr.com, Jumat (11/09).

Menurut Paputungan, Pemkot harus secepatnya menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab, jika lamban menyalurkan dana tersebut ke rekening desa, bisa terancam dikuranginya anggaran pada tahun berikutnya, “Dan itu sesuai Surat Kesepakatan Bersama tentang penyerapan dana desa yang diteken Mendagri, Menkeu dan MenDPDTT. Padahal dana sebesar Rp. 4,572 miliar sudah diterima sejak beberapa bulan lalu,” ujarnya.

Paputungan menambahkan, pendamping desa bukan merupakan syarat wajib agar dana desa bisa dicairkan. Sementara semua persyaratan wajib telah dipenuhi oleh 15 Desa di Kotamobagu, “Jangan sampai Kotamobagu mendapat sanksi pengurangan anggaran tahun berikutnya,” tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala BPMD dan KB Sitti Rafiqah Bora menyatakan, Dana Desa memang belum disalurkan ke 15 Desa di Kotamobagu. Karena masih menunggu pendamping Desa. Penyaluran segera dilakukan ke rekening desa jika telah ada pendamping Desa.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here