KPPS dan PPK Diminta Jaga Netralitas

0
425
KPPS dan PPK Diminta Jaga Netralitas Boltim
Faruk Langaru

ZONA BOLTIM  – Pemilu Calon Legislatif (Caleg) yang tengah dalam tahapan perhitungan untuk menetukan siapa saja yang akan duduk sebagai wakil rakyat di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Dengannya diharapkan KPPS dan PPK bekerja secara professional dan independen dalam perhitungan pleno nanti.

Hal itu dikatakan Faruk Langaru, kepada zonabmr.com via seluler Senin (14/4) siang tadi. Kata Faruk, KPPS dan PPK jangan melakukan kecurangan, sebab dalam UU Nomor 8 Tahun 2012, tegas memberikan ancaman hukuman badan dan denda jika ada kecurangan dalam perhitungan pleno nanti.

“KPPS dan PPK sudah diambil sumpah, jadi harus berlaku jujur dan netral sekaligus menjaga integritas dan menolak segala bentuk apa pun yang merusak proses penghitungan suara. Jangan sampai ada yang dirugikan, apalagi merugikan para Caleg dengan mengambil dan mempermainkan suara, baik dari sesama partai ataupun partai lain,” kata Langaru, yang merupakan Caleg berlatar profesi Wartawan ini.

Lebih lanjut Langaru mengatakan, semua elemen mempunyai bukti suara di tiap TPS, mulai dari saksi, Kepolisian, Panwas, bahkan tim-tim relawan juga ada bukti. “Jadi jangan sekali-kali bermain curang, karena formulir C1 dipegang oleh kepolisian, Panwas, dan para saksi serta relawan,” tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan melaporkan pihak PPK dan KPPS yang melakukan kecurangan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja. “Bila ditemukan, akan kami proses ke pihak yang berwajib, sampai prosesnya selesai hingga masuk sel, agar supaya menjadi pelajaran pada Pemilu yang akan datang,” tandasnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here