KTP Manual Masih Berlaku, bagi yang Sudah Merekam e-KTP

0
646

KTP Manual Masih Berlaku,  bagi yang Sudah Merekam e-KTP Boltim

ZONA BOLTIM – Realisasi perekaman elektornik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di Bolmong Timur baru mencapai 95 persen atau sekitar dari total 39.205 wajib KTP. Padahal sebelumnya, surat edaran ditjen kependudukan, bahwa batas akhir perekaman e-KTP pada Desember 2013 silam.

Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Syaiful Umbola mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali turun ke desa-desa untuk melakukan perekaman kembali bagi warga yang belum merekam. “Masih ada sekitar 3000an warga yang belum merekam, tanggal 10 nanti, kita akan turun kelapangan,” ujar Syaiful, kemarin.

Bagi warga yang sudah merekam namun belum memiliki e-KTP, Syaful mengungkapkan, masih akan menunggu dari pusat, terkait percetakan e-KTP. “Kita belum bisa beri kepastian kapan akan keluar e-KTP tersebut, karena yang mengeluarkannya adalah Ditjen Kependudukan dan kalau sudah ada, akan mereka kirim langsung ke kantor kecamatan masing-masing. Kita disini hanya sebatas melakukan perekaman, dan belum bisa mencetak e-KTP, masih menunggu petunjuk dari pusat dulu,” kata Syaiful.

Terkait dengan KTP manual, mantan Kaban BPMPD itu mengatakan bisa digunakan hingga 31 Desember mendatang. Saat ini katanya, pihaknya masih mengeluarkan KTP manual.” Memang kita memproses pembuatan KTP manual, tetapi hanya bagi mereka yang sudah merekam e-KTP, kalau belum merekam tidak akan dilayani,” ungkap Syaiful.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here