Lagi, Gunung Soputan Meletus

1
244

Lagi, Gunung Soputan Meletus Headline Nasional

ZONA MINAHASA – Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, meletus dan memuntahkan debu vulkanik setinggi 2 Kilometer, Senin (04/01), sekitar pukul 20.50 WITA.

Dilansir dari akun twitter @infoBencana, asap letusan berwarna kelabu tersebut, condong ke arah Tenggara. Warga pun diminta agar tidak beraktivitas di dalam radius 4.0 KM dan sektoral 6.5 KM ke arah Barat Daya-Barat-Barat Laut dari puncak Gunung Soputan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara Joppie Mokodase membenarkan meletusnya salah satu gunung teraktif di Sulawesi Utara tersebut.

“Kami konfirmasi saat ini Gunung Soputan meletus pada jam 20:53 dan terlihat jelas dari arah kepundan letusan yang terjadi,” kata Joppi dari Pos Pantau Gunung Soputan di Silian, sebagaimana dilansir Antaranews.com, Senin.

Dirinya menuturkan dengan adanya letusan tersebut saat ini status Gunung Soputan telah ditingkatkan dari sebelumnya Waspada level II ke status Siaga level III.

“Badan Geologi sudah menaikan status Gunung Soputan ke siaga level III, sesaat setelah letusan gunung soputan terjadi,” katanya.

Sekadar diketahui, Gunung Soputan sendiri terakhir meletus pada bulan Maret 2015.

Reporter: Iswahyudi Masloman

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here