Lantaran “Pancuri” Rokok, Warga Lolak Divonis 1,3 Tahun

0
352
Lantaran "Pancuri" Rokok, Warga Lolak Divonis 1,3 Tahun Hukum
Ilustrasi

ZONA HUKRIM – Aldo Pratama alias Ari dan Suandi Mada alias Anding, dua terdakwa kasus pencurian puluhan slop rokok akhirnya dijatuhi vonis penjara dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Senin (19/5) sekitar pukul 15.00 Wita.

Majelis Hakim yang diketuai I Dewa Made Budi Watsara SH, menyatakan dalam surat putusan Nomor 107/PID.B/2014/PN.Ktg, bahwa kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke 3,4,5 KUHPidana Jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana. Dengannya vonis 1 tahun 3 bulan dijatuhkan kepada terdakwa Ari, sedangkan terdakwa Anding divonis 10 bulan pidana penjara.

Vonis hakim tersebut, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya yang menuntut 1 tahun 6 bulan kepada terdakwa Ari dan tuntutan 1 tahun terhadap terdakwa Anding.

Diketahui, aksi pencurian para terdakwa terjadi kali pertama pada Senin (17/2), kemudian aksi pencurian itu berlanjut pada Sabtu (22/2) di tempat yang sama, yakni Toko Rahmatika milik Dahlan Tjomo yang bertempat di Desa Mongkoinit, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow. Dahlan Tjomo mengalami kerugian lebih 9 juta akibat pencurian tersebut. Sedikitnya 82 slop rokok Surya 16, serta 30 slop rokok Sampoerna yang disimpan dalam tokonya berhasil digasak para terdakwa.

Selain kedua terdakwa masih ada satu rekan mereka yakni AP alias Ade yang ikut dalam aksi pencurian tersebut dan tengah disidangkan dengan berkas terpisah. Sementara dua rekan para terdakwa ini berstatus DPO tengah diburu pihak berwajib.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here