Launching Tahapan Pilkada, Watung: Pemerintah Mendukung Penuh Penyelenggara

0
194

Launching Tahapan Pilkada, Watung: Pemerintah Mendukung Penuh Penyelenggara Bolmong

ZONA BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow (Bolmong) meresmikan dan launching tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) Bolmong, dilapangan Da’agon Lolak, Sabtu (30/07). Kegiatan dihadiri Komisioner KPU Pusat Arief Budiman, dan disambut dengan atraksi adat diikuti pemukulan Kokukulan (gentongan) sebagai tanda sebagai tanda proses tahapan Pilkada dimulai.

Ketua KPU Bolmong, Fahmi Gz Gobel, dalam sambutannya menyampaikan tema dan maskot yang digunakan dalam Pilkada Bolmong kali ini. Kata dia, tema Pilkada Bolmong pada Februari tahun 2017 adalah Beradab, Beradat Dan Bermartabat.

“Maskot yang dipakai sebagai simbolisasi adalah Burung Maleo. Burung maleo adalah hewan yang keberadaannya sudah langka. Namun perlu diketahui hewan ini cukup tangguh dan tidak akan mencari pasangan yang lain. Burung ini setia pada pasangannya seumur hidup,” ucap Fahmi.

Fahmi lanjut menyampaikan soal partisipasi masyarakat pemilih dalam menggunakan hak pilih mencapai 82 Persen, “Pada Legislatif kemarin, tingkat partisipasi masyarakat Bolmong mencapai 82 persen. Untuk pelaksanaan hajatan demokrasi Pilkada Februari 2017, akan ditargetkan lebih dari yang sudah dicapai sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Arief Budiman selaku Ketua Devisi Perencanaan Keuangan dan logistik KPU RI dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan peresmian tahapan Pilkada Bolmong, “Saya tentu apresiasi kepada KPU Bolmong yang melaksanakan tahapan Pemilukada. Terlebih tema yang diambil adalah Beradab, Beradat dan Bermartabat. Kalau boleh saya tambahkan, Pemilukada yang berkualitas dan berintegritas, “ ujar Arief.

Menurut Arief, tingginya tingkat partisipasi masyarakat sudah cukup baik. “Capaian tingkat partisipasi rakyat untuk menggunakan hak pilihnya yakni 82 persen itu sudah sangat baik, sebab target nasional hanya 75 persen saja. Olehnya saya berpesan, agar Pemilukada Bolmong tingkat partisipasi rakyatnya tetap dipertahankan,” harapnya.

Bupati Bolaang Mongondow Adrianus Nixon Watung SH dalam sambutannya mengatakan mendukung penuh serta akan bersama-sama menyukseskan Pilkada Bolmong, “Pemerintah sangat mendukung dan men-suport apa yang dilakukan penyelenggara pemilu, baik DKPP, KPU, Banwaslu dan Panwas, serta seluruh penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan,” aku Watung.

Menurutnya, sukses tidaknya Pilkada tergantung kepada para penyelengggara. Olehnya, diperlukan ketegasan terhadap penyelenggara yang melakukan penyalahgunaan kekuasaan seperti manipulasi data dan jual beli suara, “Karena dengan demikian polemik yang berkepanjangan serta kecurigaan publik yang berlebihan dapat ditepis,” harapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran Forkompinda Bolmong, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Daerah Drs. Ashari Sugeha, Komisioner KPUD se-Bolaang Mongodow Raya, pimpinan partai politik, LSM dan OKP.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here