Lewat Instagram, Cewek Berjilbab Ini Kantongi Rp20 Juta per Bulan

Lewat Instagram, Cewek Berjilbab Ini Kantongi Rp20 Juta per Bulan Gaya Hidup Headline
Ria Ricis (F: dream.co.id)

ZONA HIBURAN – “Kamu ga tertarik punya pacar?” tanya seorang gadis ketus ke teman wanitanya yang berhijab itu.

“Ya buat apa pacaran kalau ujung-ujungnya putus?” jawab si sahabat lempeng.

“Kalau gitu buat apa juga hidup kalau ujung-ujungnya mati?” tanya dia balik mencecar.

“Kalau mati kan baliknya ke Allah, lah kalau putus baliknya ke mana? Mantan…!!!,” jawab wanita berhijab itu sambil pasang mimik wajah kocak.

Grrr..!!!

https://instagram.com/p/6_-oENmlP4/

Begitulah postingan video berdurasi 15 detik berjudul ‘Salam Jomblo Sampai Halal’. Yang menggagas tak lain si cantik Ria Ricis. Lewat akun instagramnya, video itu menyebar bak wabah dan menjadi viral. Nama Ricis langsung jadi ‘kata kunci’ paling banyak dicari orang di mesin pencarian Google.

Berikutnya, netizen seolah menunggu episode-episode berikutnya dari dara kelahiran Jakarta, 1 Juli 1995 ini. Mereka ketagihan, menanti meme dan video parodi lainnya yang ‘menyentil’, mewakili kehidupan remaja kekinian. Sesekali terasa pula unsur dakwah di dalamnya.

Kreativitas bercampur kejenakaan itu menjadi trade mark dara bernama lengkap Ria Yunita ini hingga mendadak sohor. Ia menjadi selebritis di sosial media Instagram atau lebih populer dengan sebutan ‘Selebgram’.

Tengok saja akun Instagram @ria_ricis1795, pengikutnya sudah mencapai 2,3 juta orang. Jumlah fantastis untuk ukuran bukan artis!

Kelihaian Ricis memikat netizen untuk jadi pengikutnya di sosial media, dilirik pelaku bisnis. Mereka ramai-ramai meminta Ricis mempromosikan barang dagangan, lewat akun Instagram.

Hasilnya? Dalam sebulan Ricis bisa mengantongi fulus sekitar Rp 20 juta. Untuk satu produk yang diposting di Instagram, ia biasa memasang tarif mulai Rp500 ribu sampai 2 juta.

Dalam sebulan, bisa menerima 50 paket promosi untuk sekali posting di akun Instagram. “Tapi itu kalau udah digabungin sama yang grup. Untuk yang perorangan (aku sendiri) bisa nerima 30 paket setiap bulan,” kata mahasiswa jurusan komunikasi ini saat berbincang dengan Dream di mal kawasan Jakarta Selatan, Senin kemarin.

Pesona Ricis menjadi ‘Selebgram’ terlihat sejak masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan. Awalnya, ia cuma iseng mengunggah foto dirinya dengan mimik jenaka plus tulisan caption menggelitik. Tak dinyana, postingan itu direspon luar bisa dari pegiat sosial media.

Follower-nya pun meledak seketika, mencapai 7.000 orang. Namun nahas. Di tengah pengikut yang kian berbiak, akun Instagram miliknya mendadak tak bisa diakses.

Akun Ricis diretas orang. Seminggu berselang, anak bungsu dari 3 bersaudara itu kembali eksis di dunia maya. Ia membuat akun baru di Instagram.

Dengan penampilan baru. Jika dulu belum menutup aurat dalam beberapa foto unggahnya, kini Ricis muncul berhijab.

Gadis yang piawai bermain biola itu mulai memikirkan konsep agar tak asal-asalan saat mengunggah sebuah video dan foto. Ia membentuk tim untuk merancang postingan menarik. Mulai dari tema hingga pesan moral yang ingin disampaikan.

Salah satunya, menulis caption yang seolah-olah mengajak bicara para follower. “Misalnya tuh tulis, kalau pendapat kalian gimana? jadi memancing mereka untuk berkomentar,” kata Ricis.

Ricis juga menentukan waktu kapan harus posting dan jeli melihat jam-jam yang banyak mendapat komentar dan like.

“Kalau malam sudah video, pagi harus foto, begitu juga sebaliknya. Terus kalau update jangan setiap jam, nanti yang like jadi keder. Kalau prime time itu jam tujuh malam,” ujar Ricis sambil mengingatkan komposisi foto, editing dan coloring juga penting diperhatikan.

Berkat strategi itu, secara bertahap dalam sehari follower Ricis bertambah 500 orang. Kemudian melonjak 1000-2000 per hari. Untuk mencapai follower 1 juta ke 2 juta, Ricis hanya butuh waktu satu setengah bulan.

Ricis mengaku sangat menikmati kegiatan barunya sebagai ‘Selebgram’. Ia pun bukan tipe orang yang memilih produk untuk diiklankan. Berbagai label hijab, outer, sepatu, casing handphone hingga produk kecantikan ia layani.

“Biasanya untuk produk kecantikan dan obat-obatan lebih mahal sedikit dan jangka waktunya itu seminggu untuk satu kali foto. Setelah itu hapus,” kata Ricis.

Tak hanya tawaran mempromosikan barang, adik dari aktris Oki Setiana Dewi itu juga dilirik beberapa stasiun televisi untuk mengisi acara reguler. Namun, kata dia, itu cuma pekerjaan sampingan. Ia tetap nyaman mengolah akun Instagram miliknya.(dream.co.id)

Leave a Response