LITPK Desak Pemkab Seriusi Persoalan IMB PT JRBM

0
261
LITPK Desak Pemkab Seriusi Persoalan IMB PT JRBM Bolmong
Yakin Paputungan

ZONA BOLMONG – Persoalan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) perusahaan tambang emas PT JRBM, dipertanyakan Ketua Lembaga Investigasi Tindak Pidana (LITPK), Yakin Paputungan. (Baca: Tak Punya IMB, PT JRBM Terancam Ditutup).

Dikatakanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow perlu menyeriusi dan mencari tahu persoalan tersebut, jangan sampai pajak IMB itu tidak masuk ke kas daerah dan hanya masuk ke kantong pribadi.

“Mudah untuk menelusuri hal ini, pasti melibatkan sejumlah instansi teknis untuk bisa mengeluarkan izin tersebut. karena izin itu akan keluar berdasarkan usulan kontruksi dari perusahaan untuk melakukan peninjauan lokasi pendirian bangunan oleh instansi teknis,” kata Yakin.

Bahkan menurutnya, jika memang hal ini sudah terbayarkan dari pihak perusahaan tetapi tidak masuk kas daerah, maka bisa disebut penggelapan pajak atau korupsi, “Jika benar pihak perusahaan yang belum membayarkan, maka perusahaan masuk dalam penunggak pajak. Dan itu dapat dilakukan penyelidikan oleh aparat penegak hukum, termasuk Badan Intelegen Negara yang bertugas di daerah,” jelasnya.

Sebelumnya, Manager Eksternal PT JRBM, Adi Prasetyo ketika dikonfirmasi, mengatakan kaget mendengar persoalan IMB itu. Adi mengaku akan segera menanyakan persoalan ini ke manager terkait. “Masa sih, sebentar saya tanyakan dulu ke manager terkiat. Nanti saya kabari lagi, karena sekarang saya masih berada di luar daerah,” tutur Prasetyo.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here