Lomba Monuntul Dimulai, Desa-Kelurahan Rebutan Hadiah Puluhan Juta

Lomba Monuntul Dimulai, Desa-Kelurahan Rebutan Hadiah Puluhan Juta Kotamobagu

Pemasangan tuntul sebagai tanda dimulainya lomba monuntul tahun ini.

ZONA KOTAMOBAGU – Lomba monuntul atau pasang lampu dimulai. Senin (11/6) malam, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota, Muhammad Mokoginta, membuka secara simbolis kegiatan tersebut di Lapangan Aruman Jaya, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Monuntul ini adalah tradisi turun temurun masyarakat Bolaang Mongondow dan dilombakan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu agar lebih meriah lagi. Saya harap kegiatan seperti ini tetap berkesinambungan,” kata Pjs walikota.

Pada kesempatan itu, Pjs walikota juga sedikit menjelaskan soal tradisi monuntul yang dilaksanakan masyarakat. Menurutnya, tradisi itu dilakukan karena jaman dulu daerah Bolaang Mongondow Raya masih gelap gulita sehingga orang-orang berinisiatif untuk memasang lampu botol di depan rumah masing-masing di tiga hari terakhir bulan ramadhan.

“Orang-orang tua kita terdahulu melakukan itu sebagai tanda bahwa tidak lama lagi akan Idul Fitri, sehingga mereka memasang lampu di halaman rumah masing-masing. Tradisi itu sampai sekarang masih dilakukan masyarakat dan kita lombakan agar lebih semarak lagi,” terangnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos), Adin Mantali, mengatakan ada beberapa kriteria penilaian yang diputuskan bersama melalui rapat panitia, seperti partisipasi dan antusiasme masyarakat, kreasi lampu dan keserasian. “Masing-masing kriteria ada bobot penilaiannya. Yang paling tinggi adalah partisipasi masyarakat, bobotnya 40 persen. Kemudian kreativitas atau penataan lampu bobot nilainya 35 persen. Sisanya 25 persen diambil dari kreas lampu,” kata Adin.

Ditambahkannya, lomba monuntul akan dimulai pada Senin (11/6) hingga Rabu (13/6) dengan total hadiah yang disiapkan panitia sebesar Rp37,5 juta. “Juara I mendapat 15 juta, juara II 10 juta dan juara III 7,5 juta,” tambahnya. (ads/gito)

About author

You might also like

Kotamobagu 0 Comments

95 ASN Pemkot Diproses Pemotongan TPP

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu tengah memproses saksi pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi 95 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mengikuti apel perdana senin (11/7) lalu. Hal itu

Kotamobagu 0 Comments

53 CPNS KK Tinggal Menunggu NIP

ZONA KOTAMOBAGU – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus seleksi umum pengangkatan tahun 2014 lalu di Kota Kotamobagu, tinggal menunggu Nomor Induk Pegawai (NIP). Hal itu dikatakan Kepala

Kotamobagu 0 Comments

Pemkot Rencana Relokasi Pedagang Pasar Serasi

ZONA KOTAMOBAGU – Setelah diserahkan Kementrian Perdagangan pada awal November lalu, Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) mulai memikirkan pengisian Pasar Genggulang. Para pedagang yang ada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply