Maksimalkan Pelayanan, Dinas Dukcapil ‘Ron Kampung’

0
278

Maksimalkan Pelayanan, Dinas Dukcapil ‘Ron Kampung’ Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kembali melakukan perekaman e-KTP dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya di desa dan kelurahan. Hal itu dilakukan dalam rangka memaksimalkan pelayanan ke masyarakat.

Kepala Dukcapil, Virginia Olii, mengatakan pelayanan ke desa dan kelurahan itu dimulai 27 Februari hingga akhir Juni mendatang.

“Pertama di turun di Desa Pontodon Timur, kemudian lanjut lagi di desa dan kelurahan lain. Yang dilayani adalah perekaman e-KTP, pembuatan akta lahir, kartu keluarga, kartu identitas anak dan akta kematian,” katanya.

Sekretaris Dukcapil, Muliono Mokodompit, mengungkapkan sebelum melakukan pelayanan pihaknya bersama pemerintah desa atau kelurahan terlebih dahulu melakukan verifikasi data kependudukan di desa atau kelurahan yang akan dikunjungi.

“Misalnya di Desa Pontodon Induk, hari ini (kemarin, red) kita verifikasi dulu dan besok (hari ini, red) mulai pelayanan. Begitu juga di desa dan kelurahan lain. Verifikasi itu penting kita lakukan agar ada data valid dari jumlah warga yang sudah pindah domisili, meninggal dunia dan juga yang belum memiliki KTP, KK, KIA dan akta kelahiran,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari hasil verifikasi yang dilakukan akan ditindaklanjuti dengan pembuatan berita acara serta pelayanan dokumen kependudukan.

“Jadi selain melakukan pelayanan, kita juga memverifikasi lagi jumlah penduduk di desa dan kelurahan agar benar-benar mendapatkan data kependudukan yang valid,” ujarnya.

Disisi lain, ia meminta pemerintah desa dan kelurahan untuk dapat bekerja sama khususnya dalam menginformasikan kepada warganya masing-masing terkait pelayanan tersebut.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya berjalan lancar. Kalau dari kami (Dukcapil) tidak ada kendala, tinggal bagaiaman kesadaran masyarakat itu sendiri untuk datang mengurus dokumen kependudukan,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here