Manfaatkan Pekarangan, Distanik Gerakkan Tanam Rica Lewat KWT

0
281
Manfaatkan Pekarangan, Distanik Gerakkan Tanam Rica Lewat KWT Kotamobagu
Hardi Mokodompit

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memulai gerakkan menanam cabai atau rica lewat Kelompok Wanita Tani (KWT). Sebagaimana Distanik Kotamobagu menyiapkan bibit cabai dan ditanam serta diproduksi oleh sejumlah KWT di Kotamobagu.

Menurut Kepala Distanik Kotamobagu, Ir Hardi Mokodompit, salah satunya KWT yang terbentuk yakni yang digagas ibu-ibu dari Yonif Kipan C di Kelurahan Genggulang, Kecamatan Kotamobagu Utara.

“Kalau soal program gerakkan menanam cabai ini sudah kita lakukan sejak tahun lalu. Jadi lewat KWT dan kelompok tani, kita bantu bibit cabai ini untuk ditanam dan diproduksi. Sudah ada contohnya KWT di Kipan C itu berhasil dan proses menanamnya itu bagus, yakni dengan memamfaatkan pekarangan yang lowong,” ungkap Hardi, Kamis (02/03) kemarin.

Selain bantuan bibit, Hardi mengungkapkan bahwa pihaknya bisa menyediakan hingga polybag. “Jadi meskipun halaman pekarangan sudah tidak bisa menampung, kita bisa bantu berikan polybag,” tambahnya.

Sekadar diketahui, saat ini harga cabai atau rica di sejumlah pasar di Kotamobagu mencapai angka Rp150.000 per kilogram. Sehingga, harga yang begitu mahal tersebut tidak bisa digapai oleh sebagian masyarakat.

“Karena itu, mari kita mamfaatkan pekarangan yang ada untuk menanam cabai ini. Dia tidak terlalu ribet untuk diurus hingga berbuah,” pungkas Hardi.(ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here