Mantabkan Pengelolaan Dandes, Perangkat Desa di Kotamobagu Dibekali Pelatihan Simda

0
196
Mantabkan Pengelolaan Dandes, Perangkat Desa di Kotamobagu Dibekali Pelatihan Simda Kotamobagu
Kepala BPMD PP dan KB Kotamobagu, Siti Rafika Bora SE

ZONA KOTAMOBAGU – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk terus memantabkan  pengelolaan Dana Desa (Dandes) terus dilakukan. Menyusul, para perangkat desa yang merupakan ujung tombak pengelolaan Dandes, diberikan pelatihan yang menghadirkan narasumber langsung dari BPKP Sulut.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMD PP dan KB) Kota Kotamobagu, Siti Rafiqa Bora mengatakan, pelatihan itu dilakukan agar pengelolaan dana desa bisa lebih terarah.

“Para aparat desa bahkan telah dilatih untuk mengintegrasikan laporan pengelolaan dana desa, ke dalam aplikasi Simda. Dengan aplikasi Simda keuangan desa, maka siapa saja bisa mengakses pengelolaan dana itu,” katanya, Kamis (01/10).

Dijelaskannya, sejumlah keuntungan lain yang bisa didapat dari pengelolaan dana desa melalui aplikasi Simda, di antaranya proses birokrasi akan lebih sederhana.

“Dengan sistem ini, maka birokrasi antara desa dan Pemkot akan lebih pendek. Ini juga penting agar nantinya para aparat desa bisa lebih tertib administrasi,” tandas Rafiqa.

Di sisi lain, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desaa (PMD) Hamdan Monigi, menambahkan, terintegrasinya pengelolaan dana desa ke dalam Simda, juga akan memudahkan para aparat desa dalam melakukan penghitungan.

“Dengan aplikasi ini, semua akan terinput dan terhitung secara otomatis,” terang Hamdan.(*/Gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here