Marak Eksekusi Bermasalah, Polres Bakal Panggil Para Finance

0
434
Marak Eksekusi Bermasalah, Polres Bakal Panggil Para Finance Headline Hukum
Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Iver Manossoh SH

ZONA HUKRIM – Eksekusi atau penarikan terhadap barang jaminan fidusia yang akhir-akhir ini sering menjadi masalah, mendapat perhatian serius pihak Polres Bolmong. Menyusul rencana pemanggilan para pelaku usaha pembiayaan (finance.red) untuk pembinaan dan sosialisasi penerapan Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2011 tentang Pengamanan Eksekusi Jaminan Fidusia.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan SIK melalui Kasat Reskrim AKP Iver Manossoh SH, kepada media ini beberapa pekan lalu. Kasat mengatakan, pihaknya berencana memanggil para pelaku usaha pembiayaan yang beroperasi di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Tujuan pemanggilan para pelaku usahan ini adalah untuk memonitor penerapan fidusia hingga pelaksanaan eksekusinya yang akhir-akhir ini sering bermasalah, sekaligus sosialisasi Peraturan Kapolri no 8/2011,” kata Kasat.

Dijelaskannya, eksekusi jaminan fidusia mempunyai kekuatan hukum mengikat yang sama dengan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, “Oleh karena itu, pelaksanaannya memerlukan pengamanan dari Kepolisian,” ungkapnya.

Dalam prakteknya, lanjut Kasat, masih banyak tindakan perusahaan pembiayaan saat melakukan eksekusi yang dikuasakan ke pihak ketiga (debt collector.red) yang akhirnya sering berujung masalah. Dengannya, perusahaan pembiayaan yang mengikuti mekanisme pada Peraturan Kapolri ini, bisa memahami baik syarat administrasinya dan ketentuan pelaksanaan eksekusi yang bertanggungjawab.

“Tujuan Perkap ini adalah agar terselenggara pelaksanaan eksekusi jaminan fidusia secara aman, tertib, lancar dan dapat dipertanggungjawabkan. Juga terlindunginya keselamatan para pihak, baik pelaku usaha itu sendiri maupun konsumen dan masyarakat dari perbuatan yang dapat menimbulkan kerugian harta benda dan keselamatan jiwa,” tegas Kasat.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here