Marak Peredaran Obat Palsu, Nurjanah: Kotamobagu Masih Aman

0
347

Marak Peredaran Obat Palsu, Nurjanah: Kotamobagu Masih Aman Kotamobagu

ZONA KOTAMOAGU –  Guna mengantisipasi peredaran obat palsu yang masuk wilayah Kotamobagu, Pemerintah Kota (Pemkot) terus melakukan pemantauan serta pengawasan di setiap apotek serta warung yang menjua obat.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr. Nurjana Masloman, pihaknya bersama instansi terkait sampai saat ini terus melakukan pengawasan maraknya peredaran obat palsu.

“Alhamdulilah sampai saat ini Kotamobagu masih aman dari peredaran obat palsu,” kata Nurjana.

Pemeriksaan Dinas Kesehatan secara berkala selama ini, tambah Nurjana, sebagai bentuk pegawasan peredaran obat di wilayah Kotamobagu yang dibuktikan dengan faktur keaslian pabrik. Jika ada apotek diketahui membeli atau memesan serta mengedarkan jenis obat yang tak terdaftar akan langsung dicabut izinnya.

“Dari dulu ketat masuknya obat ke apotek dan rumah sakit serta puskesmas. Sanksinya pun sangat tegas, bisa sampai berunjuk ke sanksi pidana. Jadi, yakin obat yang beredar di Kotamobagu masih aman,” katanya.

Menurut Nurjana, Apotek yang tergiur mengedarkan obat palsu, akibat persaingan usaha. “Menurut informasi bahwa obat palsu harganya lebih murah dan penjual bisa mendapatkan untung lebih banyak dibandingkan dengan obat asli yang berdokumen resmi,” ujarnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here