Masa Tenang Mulai Malam Ini, Media Diminta Cabut Iklan Kampanye

0
420
Masa Tenang Mulai Malam Ini, Media Diminta Cabut Iklan Kampanye Politik
Komisioner KPU Kotamobagu, Asep Sabar

ZONA KOTAMOBAGU – Seiring dengan masuknya masa tenang setelah kampanye terbuka bagi para peserta pemilihan umum (pemilu), para partai diharapkan untuk membenahi alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di jalan-jalan atau halaman rumah. Begitu pun sejumlah media baik cetak maupun elektronik untuk mencabut dan tidak lagi memasang iklan kampanye baik Calon Legislatif (Caleg) maupun partai politik di medianya.

Hal itu dikatakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu bidangi data informasi dan Humas, Asep Sabar. Kata dia, terhitung mulai Minggu (06/5) pukul 00.00 Wita malam nanti semua sudah harus diturunkan. “APK sudah harus ditertibkan oleh partai peserta pemilu termasuk calon legislatif (caleg) begitu juga media-media untuk tidak lagi memuat iklan kampanye Caleg maupun partai politik,” kata Asep di ruang kerjanya Sabtu (05/4).

“Dengan masuknya masa tenang, maka tidak ada lagi aktivitas maupun informasi berbau kampanye, termasuk di media cetak maupun elektronik. Yang ada hanya iklan layanan KPU terkait ajakan memilih 9 April 2014,” tegas Asep seraya menambahkan hal tersebut juga sebagaimana diatur dalam Pasal 36 peraturan KPU No.15/2013.

Asep juga meminta kepada semua pihak untuk menghargai masa tenang yang akan berjalan hingga 8 April mendatang. Sambil mensterilkan APK-nya, Caleg maupun Parpol untuk tetap koperatif selama masa tenang. Jika tidak dipatuhi maka akan berhadapan dengan Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu). “Khususnya Caleg dan Parpol diminta untuk tidak menggelar kegiatan yang berdampak merugikan diri sendiri yang bisa saja pencalonan dibatalkan jika putusan pengadilan terbukti dan yang bersangkutan terpilih sebagai anggota legislatif,” tandas Asep.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here