Masyarakat Kobo Kecil Dukung Pengembangan Desa Wisata

Kepala Disbudpar, Agung Adati, memberi penjelasan soal rencana pengembangan desa wisata dihadapan pemerintah dan masyarakat Desa Kobo Kecil.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah dan masyarakat Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) menjadikan Desa Kobo Kecil sebagai desa wisata.

“Tentu kami sangat mendukungnya, karena banyak manfaatnya bagi kami masyarakat. Selain desa kami akan dikenal luas dan banyak pengunjung yang datang ke sini, juga bisa memberi keuntungan tersendiri dari segi ekonomi,” kata Risno Mamonto, warga setempat.

Sangadi (kepala desa, red), Refly Ginintu, mengungkapkan  hasil musyawarah yang dilaksanakan di tingkat desa, telah disepakati pembebasan lahan di lokasi destinasi air terjun dengan anggaran yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). “Ada tiga tempat yang akan dibebaskan, yaitu lokasi resting area, lokasi parkir dan lahan di sekitar lokasi air terjun. Kemudian diakhir tahun ini juga akan dilakukan renovasi jembatan gantung yang menjadi akses utama menuju ke lokasi air terjun itu,” ungkapnya.

Senin (9/10) malam, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar sosialisasi tentang rencana pengembangan Desa Kobo Kecil sebagai desa wisata di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa setempat. Dihadapan semua elemen masyarakat yang hadir pada kegiatan itu, Kepala Disbudpar Agung Adati, menyampaikan rencana dan konsep pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah masyarakat merespon baik konsep desa wisata ini. Saya juga berharap dalam waktu dekat segera dibentuk kelompok sadar wisata dan kelompok sanggar seni untuk mendukung program ini. Kelompok ini menjadi bagian penting dalam menyukseskan sapta pesona yang menjadi syarat penting bagi masyarakat dalam mengelola desa wisata,” ungkap mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu. (ads/gito)

You might also like

Dishub Kotamobagu Optimis Capai Target PAD

ZONA KOTAMOBAGU – Meski triwulan III tahun 2015 belum selesai, namun capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (Dihubparbudkonimfo) Kota Kotamobagu, telah mencapai 52 persen

Pemkot Bertetap Lokasi Pasar Senggol di Poyowa Kecil

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu bertetap untuk mempertahankan lokasi Pasar Senggol di Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota No. 77 tahun 2017

Pemkot Bentuk Pansel Lelang Jabatan Eselon II

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu membentuk panita seleksi (Pansel) untuk persiapan lelang jabatan eselon II. Timsel ini terdiri dari pejabat pemerintah daerah, akademisi dan juga masyarakat yang dinilai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply