Melemahnya Rupiah, Pemkot Berharap Tidak Ada PHK

0
277
Melemahnya Rupiah, Pemkot Berharap Tidak Ada PHK Kotamobagu
Herman Aray

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) berharap, terjadinya pelemahan rupiah terhadap dolar AS saat ini tidak berimbas pada pemutusan hubungan kerja (PHK) dari pengusaha kepada tenaga kerjanya.

“Kami bersyukur sampai saat ini di wilayah Kotamobagu belum ada PHK, mudah-mudahan tidak ada lah, jangan sampai terjadi,” kata Kepala Disperindagkop Kotamobagu Herman Aray saat dikonfirmasi zonabmr.com, Senin (31/8) pagi tadi.

Menurut dia, kenaikan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah membuat pelaku industri terbebani, terutama di sektor kerajinan yang bahan baku industrinya impor yang harganya mengalami kenaikan imbas menguatnya dolar terhadap dolar.

Berbagai industri kerajinan yang mendatangkan bahan baku dari luar negeri itu, menurut dia, di antaranya sebagian perajinĀ  tahu dan tempe yang menggunakan bahan baku kedelai impor.

Selain tidak berimbas pada PHK dari pemilik industri, pihaknya juga berharap kondisi saat ini tidak memengaruhi kapasitas produksi di sektor industri kerajinan, artinya volume produksi tetap stabil dibanding sebelum terjadi pelemahan rupiah.

“Intinya di situ (tidak ada penurunan volume produksi), dan penjualan produk tetap stabil, sehingga tidak ada yang namanya PHK,” kata Aray.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here