Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

0
517

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati Kesehatan

ZONA KESEHATAN – Masyarakat pada umumnya berusaha untuk mengobati ketika telah terjadi gejala sakit sementara, sebaiknya dilakukan pencegahan untuk sebisannya menghindari datangnya penyakit. Salah satu metode menjaga kesehatan adalah dengan menjalankan konsep kesehatan yakni Cleancing, Balancing, Activiting (CBA).

CBA adalah tahapan pola hidup sehat, dimulai dari Cleasing (pembersihan.red) dan dilanjutkan dengan Balancing (menyeimbangkan.red) lalu melakukan Activiting (pengaktifan.red).

Dari ketiga konsep diatas, yang paling mendasari adalah konsep awal yaitu melakukan Cleansing, kenapa hal tersebut begitu penting? sebap manusia tidak dapat menghindari yang namanya radikal bebas dari asap kendaraan bermotor, asap rokok, makan cepat saji yang mengandung pengawet, belum lagi pewarna sintetis yang digunakan pada makanan dan minuman dan sebagainya.

Toksin atau racun yang terkandung pada setiap makan, minuman, udara yang dihirup tentu sudah tidak mungkin dapat dihindari pada kondisi kehidupan saat ini. Tentunya pola yang paling tepat adalah mencoba agar zat berbahaya yang terlanjur masuk kedalam tubuh bisa dikeluarkan lagi.

Metode Cleansing yang paling banyak diketahui adalah melakukan olahraga, namun untuk lebih memaksimalkan pembersihan tubuh, bisa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat yang memiliki kemampuan mendetoksifikasi sisa makanan dalam tubuh, diantaranya sayuran dan buah buahan.

Menurut dr. Nurul Rahayu Ningrum Sp.JP bahwa proses Cleansing merupakan pola yang sangat baik jika dilakukan untuk menjaga kesehatan, “Terutama bagi mereka yang bermasalah dengan jantung, proses detoksifikasi khususnya dalam darah sangat membantu jantung agar terhindar dari penyakit, salah satunya penyakit jantung Koroner yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia,” ungkapnya.

Lanjutnya orang yang jarang berolahraga dan jarang makan dan minum dan mengkonsumsi suplemen yang bisa membantu detoksifikasi tubuh, ;ebih mudah terserang penyakit, karena trombosit dalam darah mudah menempel dan berpotensi terjadinya penyumbatan pembuluh darah,” kata Nurul.

Namun dirinya berharap meski kita bisa rutin melakukan detoksifikasi dalam tubuk, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. “Jangan asal makan yang enak saja, harus bisa menahan diri dengan memilih makan yang sehat.” Tutupnya.(war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here