Mendapat Opini Disclaimer, OPD Bolmong Bakal Dirombak

Yanny R. Tuuk, STh MM

ZONA BOLMONG – Pengelolaan keuangan yang kurang baik dihampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bolmong menjadi faktor yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten mendapat opini disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

“Pengelolaan keuangan di hampir semua OPD kurang baik, itu kenapa dapat opini disclaimer, “ujar Abdul Latif, Kepala Inspektorat Selasa (13/06) siang tadi.

Selain pengelolaan kata dia, faktor lainnya yakni ada sekitar lima OPD yang mendapat Tuntutan Ganti Rugi (TGR) pada tahun 2016. Dan juga berbagai dengan masalah aset di tiap OPD. “Kalau pengelolaan keuangan hampir semua, tapi kalau TGR hanya sekitar lima OPD. Juga masalah aset yang belum tertangani. Harus kerja keras untuk memperbaiki ini,” paparnya.

Latif lanjut menguraikan, pengelolaan keuangan menjadi pekerjaan rumah yang mendesak dilaksanakan oleh Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. “Ini juga ditegaskan bupati dalam berbagai kesempatan, pengelolaan keuangan di Bolmong adalah program prioritas. Sekretaris Daerah Tahlis Gallang pun telah mendapat instruksi segera perbaiki pengelolaan keuangan di tiap OPD, ” jelasnya.

Sementara itu Wabup Yanny menjelaskan, opini disclaimer ini nantinya adalah salah satu alasan untuk merombak kabinet kerja di tiap SKPD. Isu rolling yang berhembus pasca kami dilantik ternyata bukan isapan jempol, dalam waktu dekat akan ada perombakan pejabat.

“Sudah ada petunjuk resmi dari Badan Pemeriksa Keuangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Segera mungkin lakukan penyelamatan organisasi. Ini jelas karena opini disclaimer yang diterima Bolmong,” jelas Yanny.

Lanjutnya, perombakan pejabat pun tak tanggung-tanggung. Ada rolling besar-besaran, Bupati sudah menginstruksikan untuk mulai mendata daftar nominatif pejabat eselon II dan III lengkap dengan jenjang diklat.

“Kabinet akan dibongkar besar-besaran. Beberapa waktu lalu bupati juga telah mengisyaratkan rolling. Itu hak prerogatif bupati, Kami lakukan ini agar pemerintahan lebih optimal dan lebih baik lagi demi menuju Bolmong Hebat,” ungkapnya.(gung)

You might also like

Selasa Besok, DPRD Bolmong Paripurnakan Lima Ranperda

ZONA BOLMONG – Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong Yahya Fasa mengatakan, rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif rencananya akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD, Selasa (31/3) besok. Yahya menjelaskan,

Bupati Serahkan Bantuan Perlengkapan Olahraga di Desa Bango Molunow

ZONA BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Salihi Mokodogan memberikan bantuan perlengkapan olahraga di Desa Bango Molunow, Kecamatan Bolaang Induk, Kamis (14/04). Pemberian perlengkapan olahraga itu untuk meningkatkan prestasi olah

Pelabuhan Labuan Uki Kini Miliki Fasilitas Dok Kapal

ZONA BOLMONG – Para pengusaha perkapalan di Pelabuhan Labuan Uki Lolak saat ini tak perlu lagi bergantung pada pasang surut air laut ketika melakukan servis atau rehab badan kapal. Kemudahan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply