Menerima Kabar Warganya Kesulitan Biaya Bersalin, Eyang Sambangi RS Monompia

0
804
Menerima Kabar Warganya Kesulitan Biaya Bersalin, Eyang Sambangi RS Monompia Advertorial Boltim
Tampak Bupati Boltim saat mengunjungi keluarga Deny Rumengan dan Istrinya Aintan Daeng Pahara

ZONA BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar dinilai memiliki empati yang sangat tinggi terlebih terhadap masyarakatnya. Hal ini terlihat saat orang nomor satu di Boltim itu mengunjungi keluarga Deny Rumengan dan Istrinya Aintan Daeng Pahara, warga Desa Kayu Moyondi, Kecamatan Tutuyan yang tengah dalam kesulitan menyelesaikan biaya persalinan di Rumah Sakit Monompia.

Dari pantauan zonabmr, keluarga Deny Rumengan terdaftar sebagai anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dari Desa Kayu Moyondi untuk warga kurang mampu. Rabu (21/5) pekan lalu, Aintan sudah dalam kondisi pendarahan untuk melahirkan anak ke dua dan akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang (RSUDB) milik Pemda Bolmong. Namun sayang, RSUDB yang diketahui bisa melayani BPJS malah menolak Aintan dengan alasan sudah full atau tak ada tempat lagi.

Mengetahui ditolak, Deny langsung membawa istrinya ke RS Kotamobagu yang berada di Kelurahan Pobundayan kecamatan Kotamobagu Selatan. Namun, Ibu dari Naya Rumengan (anak pertama,red) itu, lagi-lagi ditolak oleh pihak RS dengan alasan tidak mempunyai alat. Sudah tidak ada jalan lain, Deny terpaksa melarikan istrinya di RS Monompia, yang diketahui tidak melayani BPJS. “Meski RS Monompia tak melayani BPJS, tapi kami diterima. Hingga istri saya bisa melakukan persalinannya pada hari itu juga pukul 17.00 Wita,”ungkap Deny

Menerima Kabar Warganya Kesulitan Biaya Bersalin, Eyang Sambangi RS Monompia Advertorial Boltim
Eyang saat berbincang dengan Aintan Daeng Pahara yang masih terbaring paska melahirkan

Mendengar hal tersebut, Bupati Boltim Sehan Salim Landjar yang tengah bertolak dari Gorontalo menuju Boltim, mampir di Kotamobagu untuk melihat langsung kondisi warganya itu. “Saya mendapat Short Message Service (SMS) dari Sangadi (Kepala Desa-red) Kayu Moyondi Masri Patrah, yang mengatakan ada salah satu warganya sedang mengalami kesulitan untuk membayar biaya persalinan. Setelah dicek ternyata betul ada warga Boltim, dan mereka sudah tujuh hari nginap disitu karena menunggu biaya untuk membayar persalinanya,” ujar Eyang, saat berada di RS Monompia Rabu (28/5) pukul 23.45 WIB.

Eyang juga bersyukur dan sangat berterima kasih kepada para dokter dan Menajement RS Monompia. “Meski RS ini tak melayani BPJS, tapi mereka tetap melayani persalinannya. Walaupun dengan biaya yang cukup besar, tapi saya bersyukur dan berterima kasih kepada menajementnya yang tak pernah menganggap remeh dengan warga yang kurang mampu. Buat mereka keselamatanlah yang lebih diutamakan dibandingkan finansialnya. Dan sekali lagi saya sebagai Bupati serta Masyarakat Boltim bersama keluarga Deny Rumengan sangat bersyukur kepada menajement RS Monompia ini,” ungkapnya.

Menerima Kabar Warganya Kesulitan Biaya Bersalin, Eyang Sambangi RS Monompia Advertorial Boltim
Tampak Eyang saat menyelesaikan biaya bersalin wargannya di RS Monompia

Selesai menjenguk, Eyang hendak memberikan santunan kepada keluarga dan menyelesaikan semua biaya administrasi mereka selama tujuh hari berada di RS Monompia. Bukan hanya itu saja, Eyang bahkan Memberikan nama anak kedua dari pasangan Deny dan Aintan itu, dengan nama Nazwa Azhara Rumengan.

Sementara Deny dan Aintan, sangat bersyukur dan berterima kasih dengan kedatangan pak Bupati kebanggaan mereka. “Puji Tuhan lewat uluran pak Bupati, istri saya sudah bisa pulang. Sekali lagi terimah kasih pak Bupati atas perhatian kepada masyarakat seperti kami,” ucap Deny dan istri, dengan wajah yang begitu senang.(adv/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here