Mengungkap Misteri Makam di Kawasan Pantai Batu Pinagut

0
338
Mengungkap Misteri Makam di Kawasan Pantai Batu Pinagut Bolmut Headline Wisata
Makam yang ada di sekitar Pantai Batu Pinagut.

ZONA BOLMUT – Pantai batu Pinagut menjadi salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Memiliki tepian pantai yang indah, hamparan bebatuan di atas pasir putih yang bersih, serta air lautnya jernih, semakin mempertegas bila Pantai Batu Pinagut benar-benar layak dikunjungi. Namun belum banyak wisatawan yang tahu jika di sekitar pantai itu terdapat makam yang dikeramatkan warga sekitar.

Laporan; Rendi Pontoh, Boroko

Batu Pinagut, begitu etnis Kaidipang menyebutnya dan memiliki arti batu cabut. Menurut cerita, dinamakan Batu Pinagut karena batu yang digunakan untuk pembangunan makam raja yang pernah memerintah Kerajaan Kaidipang diambil dari pantai tersebut dengan cara dicabut kemudian dibawa hingga ke tempat makam.

Banyak cerita yang beredar di masyarakat terkait misteri makam yang hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai tersebut. Namun dari beberapa sumber yang ditemui wartawan media ini, belum ada penjelasan yang bisa dijamin kebenaran misteri makam tersebut.

Ada yang menyebut bahwa itu adalah makam seseorang yang sakti. Disebut orang sakti karena konon katanya orang tersebut datang ke pantai itu dengan menggunakan tikar anyam, kemudian bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Namun dari cerita lainnya, makam itu adalah makam raja yang pernah mendiami hingga meninggal dan dimakamkan kawasan pantai itu. Selain itu, ada juga yang menceritakan bahwa itu adalah makam tentara Jepang yang bunuh diri lantaran malu karena kalah berperang.

Untuk mengungkap misteri makam di sekitar Pantai Batu Pinagut, Pemerintah Daerah (Pemda) berencana menghadirkan arkeolog dari Universitas Gaja Madah. “Ceritanya memang masih simpang siur. Untuk mengungkapnya, kita akan menghadirkan peneliti dari UGM. Rencananya tahun depan,” sebut Wakil Bupati Bolmut, Amin Lasena. (###)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here