MenPAN-RB Sepakat Angkat 440 Ribu Honorer K2 Jadi PNS

0
381
MenPAN-RB Sepakat Angkat 440 Ribu Honorer K2 Jadi PNS Nasional
MenPANRB Yuddy Chrisnandi bersama para Deputi, Kepala BKN, Komisioner KASN‎ saat raker dengan Komisi II DPR (F: Humas MenPAN-RB)

ZONA NASIONAL – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi, sepakat akan mengakomodir para honorer kategori dua (K2) untuk direkrut menjadi pegawai negeri sipil. Hal tersebut diungkapkan Yuddy saat rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Selasa (15/9).

Yuddy menjelaskan, ada beberapa catatan untuk merekrut seluruh honorer eks K2 menjadi PNS. Pertama, pola rekrutmen dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan. Dikatakan, untuk total honorer K2 sebanyak 440 ribu orang dibutuhkan biaya Rp 34 triliun. “Oleh karena itu, proses rekrutmennya dilakukan bertahap karena menyangkut keterbatasan anggaran,” kata Yuddy.

Kedua, dalam proses rekrutmen ini harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu dilakukan proses verifikasi ulang untuk memastikan hanya mereka yang berhak yang menjadi PNS. “Kita akan cek kembali. Jadi kami akan sisir kembali. Kami minta bantuan semua pihak,” kata Yuddy

Ketiga, Kementerian PANRB yang memberikan izin prinsip perumusan kepegawaian harus didukung dengan usulan kebutuhan kepegawaian, dan yang menyampaikan itu Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). “Harus ada pengajuan kebutuhan dan formasi dari PPK,” katanya.

Keempat, sesuai dengan UU ASN prosesnya harus melalui perencanaan dan proses seleksi yang akan dilakukan di antara sesama tenaga honorer eks K2.

Kesimpulan rapat Kementerian PANRB dengan Komisi II tersebut adalah sebagai berikut; Pertama, Komisi II DPR RI dan Kementerian PANRB sepakat untuk mengangkat tenaga honorer K2 sejumlah 439.956 orang menjadi PNS melalui verifikasi.

Kedua, tahapan pemenuhan pengangkatan tenaga honorer K2 seperti yang disebutkan pada poin satu akan dilakukan pembicaraan pada rapat kerja berikutnya untuk mendengarkan terlebih dahulu road map. Pengangkatan dari Kementerian PANRB yang dimulai secara bertahap dari tahun 2016 sampai dengan paling lambat tahun 2019.

Ketiga, Komisi II dan Kementerian PANRB sepakat untuk membicarakan soal dukungan keuangan negara bersama dengan Kementerian Keuangan.

Keempat, berkenaan dengan keputusan bersama tentang kebijakan pengangkatan tenaga honorer K2 akan diagendakan secepat-cepatnya sebelum pembicaraan RAPBN tahun 2016.

Kelima, berkaitan dengan lanjutan pembahasan pagu anggaran tahun 2016 Kementerian PANRB, BKN dan KASN akan dilakukan tanggal 21 atau 22 September 2015.

Keenam, Komisi II bersama Kementerian PANRB sepakat untuk menyiapkan landasan hukum dalam penyelesaian masalah tenaga honorer K2.(hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here