Menu Buka Puasa di Pasar Ramadhan Aman Dikonsumsi

0
305
Menu Buka Puasa di Pasar Ramadhan Aman Dikonsumsi Kotamobagu
Petugas BPOM memeriksa menu buka puasa yang dijual di pasar ramadhan.

ZONA KOTAMOBAGU – Masyarakat khususnya para pembeli jajanan buka puasa yang dijual di pasar ramadhan tak perlu khawatir soal kelayakan makanan dan minuman atau sejenisnya. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kamis (31/5), semua menu buka puasa yang dijajakan aman dikonsumsi. Dari 40 menu makanan yang diuji sample, semuanya negatif atau bebas dari bahan pengawet.

“Sample-nya kita ambil dari makanan dan minuman yang warnanya mencolok serta diduga mengandung boraks, formalin dan rodhamin. Setelah diperiksa semuanya aman dan negatif,” kata Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Sulut, Sarlita Mariah Patabang.

Ia mengungkapkan, pemeriksaan menu buka puasa yang dijual di pasar ramadhan merupakan agenda rutin tahunan. Hal itu bertujuan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya dalam membeli jajanan buka puasa. “Mudah-mudahan seterusnya begini. Menu yang dijual aman dan layak dikonsumsi,” ungkapnya.

Kepala Seksi Pengawasan Tertib Niaga dan Distribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM), Mahmud Soleman, menuturkan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar ramadhan tersebut merupakan tindaklanjut dari kerja sama pihaknya dengan BPOM Provinsi Sulawesi Utara.

“Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan. Bukan hanya dimomen seperti ini, tapi di hari-hari biasa juga ada dengan sasaran pertokoan, pasar tradisional dan tempat perbelanjaan lainnya,” tuturnya. (ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here