Minat Baca Rendah, Perpustakaan Kotamobagu Sepi Pengunjung

0
221

Minat Baca Rendah, Perpustakaan Kotamobagu Sepi Pengunjung Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Meski setiap tahun jumlah buku di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Kotamobagu terus ditambah, namun jumlah pengunjung yang datang belum ada peningkatan. Bahkan, dari tahun ke tahun terkesan itu-itu saja, malah tak jarang perpustakaan terlihat sepi.

Dari pantauan zonabmr.com, Kamis (04/2) pagi tadi, tidak satupun pengunjung yang datang di gedung perpustakaan tersrbut. Hal itu tidak berbanding dengan jumlah wajib baca yang ada di wilayah Kotamobagu. Dengan kata lain, minat baca masyarakat saat ini masih sangat rendah.

Menangapi hal tersebut, Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kotamobagu, Toni Ponongowa mengatakan, pihaknya berencana membangun sistem yang baru untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Seperti penataan kembali buku-buku yang ada, serta menginventariskan buku-buku terbaru agar dapat direferensikan khususnya kepada setiap siswa.

“Pihak kami akan mem-back up setiap desa dan kelurahan di Kotamobagu untuk kebutuhan buku, khususnya di setiap perpustakaan desa atau kelurahan di empat kecamatan Kotamobagu,” kata Ponongowa saat diwawancarai zonabmr.com, Kamis (04/2) pagi tadi

Lanjutnya, Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi juga akan terus melakukan sosialisasi ke tiap sekolah, desa dan kelurahan, “Rencananya kami akan mengunjugi setiap sekolah yang ada maupun desa dan kelurahan untuk mengecek setiap perpustakaan yang ada. Agenda itu untuk mencari tahu apakah perpustakaan yang sudah ada berjalan atau tidak. Tujuannya juga agar dapat diberdayakan lagi sistem yang sudah ada, serta memanfaatkan potensi yang ada,” ujarnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here