Miris! Pekerja Proyek Program Padat Karya tak Dilengkapi Standar K3

0
53

Miris! Pekerja Proyek Program Padat Karya tak Dilengkapi Standar K3 Bolmut Headline  ZONA BOLMUT – 152 orang dipekerjakan untuk menggali drainase yang sudah tertimbun tanah di sepanjang jalan Keakar-Inomunga. Pekerjaan tersebut merupakan program padat karya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado.

Mirisnya, para pekerja itu tidak dilengkapi alat pelindung diri sesuai standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Padahal, kewajiban ini tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor: Per.08/Men/VII/2010 tentang Pelindung Diri.

Menurut beberapa pekerja saat ditemui oleh sejumlah wartawan, Rabu (9/9),sudah lebih dari sepekan mereka mulai bekerja dan hanya menggunakan alat pelindung diri berupa sepatu boot, helm dan sarung tangan yang disiapkan sendiri.

“So abis luka-luka ini tangan deng kaki yang laeng ini le cuma dapa helm. No sedang napa ada pake sarung tangan bawa sandiri,” ungkap sejumlah pekerja.

Sementara itu, Tim Pelaksana Kegiatan Program padat karya, Jono Potabuga, saat dikonfirmasi oleh media ini melalui via telepon, mengakui hanya ada sebagian pekerja yang memakai APD itupun belum lengkap sepenuhnya. “APD untuk para pekerja masih dalam pengiriman dari pihak BPJN XV Manado,” ujarnya. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here