MK Mentahkan Gugatan PPP Atas PHPU KPU Boltim

0
368
MK Mentahkan Gugatan PPP Atas PHPU KPU Boltim Boltim Headline
Jumpa Pers yang digelar KPU Boltim di Kedai Kopi Jabrik

ZONA BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akhirnya memenangkan gugatan sengketa Perolehan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan Ketua PPP Hasan Mangkay di Mahkamah Konstitusi (MK).

Majelis Hakim MK dalam persidangan yang digelar, Kamis (26/6) sore tadi, menjatuhkan putusan menolak seluruh gugatan yang dilayangkan Hasan Mangkey.

“Sengketa hasil pemilu yang dilayangkan PPP Boltim ditolak secara keseluruhan majelis hakim MK. Hakim menilai, gugatan PPP tidak terbukti sebagaimana dalam tuntutan yang dijadikan objek sengketa,” kata Ketua KPU Boltim Hendra Damopoli saat menggelar jumpa pers di Kedai Kopi Jabrik, Kamis (26/6).

MK kata Hendra, juga menegaskan bahwa tahapan pelaksanaan Pileg sudah sesuai perundangan yang berlaku. “Substansi gugatan PPP atas PHPU tidak menyebutkan data-data ril, seperti dalam pokok tuntutan,” bebernya.

Hendra lanjut mengungkapkan, putusan MK tersebut sekaligus menepis dugaan bahwa penyelenggaraan Pemilu di Boltim tak sesuai aturan. “Tudingan terjadi selisih dalam perolehan suara Caleg tidak benar. Tidak ada yang bergeser sebagaiman dituduhkan,” ungkap Hendra yang diiyakan komisioner KPU lainnya, Awaludin Umbola.

Sementara itu, Hasan Mangkay saat dimintai tanggapannya terkait putusan MK tersebut mengaku legowo. “Saya legowo apapun putusan MK. Yang jelas saya menempuh jalur sesuai amanat konstitusi demi tegaknya demokrasi,” kata Mangkay.

Sidang dengan agenda putusan tersebut ikut dihadiri dua Komisoner KPU Sulut, Ardiles Mewo dan Fachrudin Noh.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here