Modal Pengetahuan, Tahir Hasilkan Rupiah dari Hasil Kerajinan Tangannya

0
64

Modal Pengetahuan, Tahir Hasilkan Rupiah dari Hasil Kerajinan Tangannya Ekonomi Kotamobagu  ZONA EKONOMI – Bermodal pengetahuan terkait cara membuat oven dari bahan seng pelat, Tahir (49) warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, mencoba peruntungan dengan membuka bisnis penjualan oven buatan tangannya.

Oven buatannya pun tidak kalah menarik dengan oven-oven yang bermerk.

Dirinya menceritakan, dalam kesehariannya ia berprofesi sebagai petani, dan sudah mulai mencoba usahanya tersebut sejak tahun 2020 kemarin. Ia yang dulunya sempat tinggal di Kota Manado, pernah sesekali melihat cara pembuatan oven yang berbahan dasar dari seng pelat itu.

“Dulu itu kan saya sempat tinggal di Manado. Nah, saat itu saya sering bermain dan
melihat cara pembuatannya. Dan sekarang ini saya coba dengan membuat oven di rumah saya dengan pengetahuan yang saya miliki,” tuturnya.

Dengan usahanya itu, ia bisa mengembangkan potensi yang ia miliki, hingga bisnisnya tersebut berjalan dengan lancar. “Meski pun saya masih bekerja menggunakan alat yang sederhana, tapi saya berharap hasil kerja saya ini bisa masuk ke toko-toko yang ada di kotamobagu,” harapnya.

Untuk harganya sendiri bermacam-macam, dan tergantung ukuran dan jenis oven yang dipesan. “Oven gas yang berukuran 60cm dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta, ukuran 1 meter bisa sampai Rp 4 juta. Untuk oven biasa yang ukuran sedang diberi harga Rp.200 ribu, ukuran besar Rp 250 ribu itu untuk harga eceran, sedangkan per lusin harganya lebih murah lagi,” tukasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here