MP-TGR Sidangkan Anggota DPRD Bolmong

0
576
MP-TGR Sidangkan Anggota DPRD Bolmong Bolmong
Sekda Bolmong, Drs Farid Asimin, MAP

ZONA BOLMONG – Menindaklanjuti temuan dan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kerugian penggunaan keuangan daerah sekitar Rp1 miliar tahun anggaran 2013, Majelis Pertimbangan dan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR), sidangkan 18 Anggota DPRD Bolmong, Rabu (06/7).

Sidang bertempat di Kantor Pemkab Bolmong, Lolak, siang itu, dipimpin Ketua MP-TGR Farid Asimin, yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda). Dalam sidang, para legislator menyatakan kesiapan untuk mengembalikan dana yang telah digunakan sebesar Rp800 juta. Kesiapan tersebut dituangkan dalam surat keterangan tanggung jawab mutlak (SKTJM) yang ditanda tangani para legislator itu.

Menurut Farid, seluruh anggota DPRD yang berjumlah 30 orang diundang menjalani sidang, namun yang datang baru 18 orang. “Sisanya akan kita undang dalam sidang yang akan dijadwalkan lagi,” kata Farid.

Wakil Ketua MP-TGR, Abdul Latif, menjelaskan, dana satu miliar TGR anggota DPRD itu bersumber dari dana reses sekitar Rp800 juta, dana perjalanan dinas Rp200 juta dan sisanya dana bahan bakar minyak (BBM) bagi anggota DPRD.

Menurutnya, terhitung sejak kemarin hingga 40 hari ke depan, para wajib TGR wajib mengembalikan dana yang nominal untuk setiap orang berbeda. “Ada yang empat puluh juta rupiah, dua puluh juta rupiah, ada yang belasan juta. Bahkan ada yang tinggal berapa juta,” kata Latif.

Selama proses pengembalian dana tersebut ke kas daerah, para anggota DPRD juga memberikan jaminan kepada MP-TGR. “Rata-rata yang mereka jaminkan gaji dan penghasilan lain di DPRD,” ujarnya.

Ia belum mau berkomentar lebih ketika ditanya soal potensi pidana bagi anggota DPRD yang tidak melunasi TGR hingga batas waktu yang diberikan berakhir. “Kalau soal itu nantilah. Yang pasti, mereka telah menandatangani surat yang menyatakan bersedia mengembalikan dana tersebut,” tutup Latif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here