Musim Penghujan, Harga Barito di Kotamobagu Melonjak

ilustrasi-pedagang-pasar

ZONA EKONOMI – Musim penghujan yang belakangan melanda wilayah Kotamobagu dan sekitarnya, membuat harga bawang merah, cabai dan tomat (Barito) di pasar tradisional bergerak naik.

Untuk bawang merah misalnya, sebelumnya per kilogram dijual Rp50 ribu, kini naik menjadi Rp55-60 ribu. Sedangkan cabai naik cukup signifikan, dari sebelumnya Rp15 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram. Untuk tomat, beberapa pekan sebelumnya hanya Rp5 ribu, naik menjadi Rp20 ribu.

Menurut pada pedagang, kondisi cuaca saat ini sangat berdampak pada ketersediaan stok. Oleh karena itu, pedagang terpaksa menaikan harga Barito, “Sekarang ini musim hujan, stok bahan kurang. Kami hanya dapat stok dari pedagang lain, itu pun harus rebutan,” ujar Ardi Mokodompti, salah satu pedagang di Pasar 23 Maret.

Ia memprediksi, harga Barito akan tetap bertahan dan bahkan naik lagi dalam beberapa waktu ke depan. Selain kondisi cuaca, permintaan pasar akan meningkat jelang perayaan Natal dan tahun baru.

“Kalau cuaca terus seperti ini, tentu harga bahan akan naik. Kami pedagang hanya mengikuti harga di tingkatan pemasok. Kalau harga mereka tinggi, tentu kami juga akan menaikan harga,” ujarnya.

Fira Mokoagow, IRT asal Kelurahan Sinindian mengakui, harga bahan pokok saat ini cukup tinggi. Ia pun berharap harga bahan pokok yang menjadi kebutuhan sehari-hari bisa kembali normal, “Dua pekan lalu masih murah. Tapi kemarin saya ke pasar rata-rata harga bahan sudah naik,” sebutnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal, Herman Aray mengungkapkan, pihaknya akan terus memantau pergerakan harga bahan pokok di pasar tradisional.

“Kita akan turun memantau harga bahan pokok. Kita akan cari tahun apa penyebab harga bahan naik. Jangan sampai ada permainan pedagang dan dengan sepihak menaikan harga. Itu tidak boleh, kalau kami temukan demikian sudah pasti ada sanksinya,” tandasnya.(ads/gito)

You might also like

Anjloknya Harga Cengkih, Disperindagkop Akan Operasi Pasar

ZONA KOTAMOBAGU – Para petani di musim panen raya komoditas cengkih wilayah Bolaang mongondow raya (BMR), bukannya terlihat penuh suasana gembira namun nampak gelisah. Pasalnya, saat ini harga cengkih di

Tatong: Semua Pejabat Pemkot Berpeluang Jadi Sekretaris Kota

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara mengungkapkan, pejabat di lingkup Pemkot semuanya berpeluang untuk menduduki jabatan Sekretaris Kota Kotamobagu. Namun, untuk menduduki jabatan tersebut, harus melewati proses

Wali Kota Tatong Bara Hadiri Rakornas Pengelolaan Sampah

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengelolaan sampah melalui program Adipura, bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (01/2). Kegiatan tersebut

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply