Musim Penghujan, Masyarakat Diminta Waspada DBD

0
196
Musim Penghujan, Masyarakat Diminta Waspada DBD Bolmut
Jusnan C Mokoginta

ZONA BOLMUT — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmut menginstruksikan warga untuk memperhatikan pola hidup sehat selama musim penghujan saat ini. Pasalnya, curah hujan yang cukup tinggi dalam sebulan terakhir ini, mengakibatkan banyak genangan air serta banjir dalam volume kecil. Situasi ini tentu berpotensi menjadi wadah perkembangbiakan jentik nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah Deangue (DBD).

“Sekarang ini sudah ada 7 warga yang menjadi korban serangan DBD, masing-masing 3 orang di wilayah Desa Buko Kecamatan Pinogaluman dan 4 orang di Kecamatan Bintauna. Kami harap kesadaran warga, terutama menerapkan pola 3 M,” ujar Kepala Dinkes, dr Jusnan C Mokoginta MARS, Senin (14/1).

Dijelaskannya, langkah-langkah antisipasi saat memasuki musim penghujan telah dfilaksanakan Dinkes Bolmut, diantaranya dengan melaksanakan fogging dengan menyasar sekolah serta rumnah-rumah warga di daerah endemik seperti Kecamatan Bintauna. Pasca penemuan kasus DBD tandasnya, inrtensitas pelaksanaan fogging ditingkatkan, khususnya di daerah yang menjadi lokasi penemuan pasien DBD.

Dia menjelaskan, seluruh warga popsituif DBD yang ditemukan saat ini telah ditangani, sehingga tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa. “Kami juga meminta bantuan masyarakat, agar secepatnya melaporkan kepada aparat medis di tingkat puskesmas terdekat hingga Dinkes Bolmut, apabila menemukan ada anggota keluarga, sahabat dan tetangga yang mengalami gejala DBD. Tujuannya agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat,” pinta mantan Kadis Dinkes Bolmong Timur itu. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here