Nayodo Hadiri Sosialisasi Kebijakan Adminduk dan Launching Dukcapil Go Digital

0
165
Nayodo Hadiri Sosialisasi Kebijakan Adminduk dan Launching Dukcapil Go Digital Headline Kotamobagu
Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, menyerahkan dokumen kependudukan kepada warga Desa Bilalang I, disela sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan, serta launching Dukcapil Go Digital.

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskdukapil) Kotamobagu menggelar sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan (Adminduk) sekaligus Launching Dukcapil Go Digital. Kegiatan itu dibuka Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang dilaksanakan di Gedung Bontean, Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kamis (5/11).

Wakil Walikota, dalam sambutannya menyampaikan, undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, sangat sejalan dengan adanya tuntutan masyarakat saat ini, yakni adanya pelayanan administrasi kependudukan dan profesional, memenuhi standar teknologi informasi tertib serta tidak diskriminatif.

“Salah satu yang paling mendasar terkait adanya perubahan pada undang-undang tentang administrasi kependudukan adalah semua pengurusan dokumen kependudukan termasuk Kartu Tanda Penduduk elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak serta Akta Pengesahan Anak, saat ini telah dibebaskan dari semua pembiayaan,” ujarnya.

Ia berharap, sosialisasi tentang kebijakan administrasi kependudukan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada seluruh peserta tentang pentingnya administrasi kependudukan bagi masyarakat termasuk dalam rangka menjamin kualitas database tentang kependudukan yang paling baik secara nasional maupun di wilayah Kotamobagu.

“Launching Dukcapil Go Digital yang merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Dalam Negeri yakni berupa pelayanan administrasi secara daring sebagaimana yang menjadi amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2009 tentang pelayanan administrasi secara daring,” tuturnya.

lebih lanjut Wawali menerangkan, layanan Dukcapil Go Digital merupakan upaya pemerintah pusat dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan secara elektronik, yakni berupa tanda tangan elektronik dalam pengurusan berbagai dokumen kependudukan sehingga pengurusan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara lebih mudah, efektif dan efisien.

“Untuk Kota Kotamobagu sendiri Dukcapil Go Digital ini akan dilaksanakan secara bertahap dimana untuk tahap awal ini penerapan tanda tangan elektronik, baru akan dilaksanakan pada empat dokumen kependudukan yakni Kartu Keluarga, Akta Kelahiran kematian dan Surat Pindah Datang,” sebutnya.

Diakhir sambutannya, Wawali juga menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan sosial sebaik-baiknya sehingga apa yang akan disampaikan oleh narasumber akan benar-benar dapat dipahami serta tentunya dapat diinformasikan Kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah ini. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here