On the Track Smart City, Pemkot Latih SDM Aparatur

0
160

On the Track Smart City, Pemkot Latih SDM Aparatur Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu on the track smart city. Tahun 2021 ditargetkan ibukota calon Provinsi Bolmong Raya ini sudah menjadi kota cerdas. Untuk mewujudkan target besar itu, Pemerintah Kota (Pemkot) terus berbenah, termasuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintahan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Ahmad Yani Umar, mengatakan pihaknya saat ini sedang melatih para perangkat pemerintahan agar lebih maksimal dalam penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan sistem pemerintahan. “Kita sementara melatih SDM untuk pembuatan website, perumusan aplikasi sistem pelayanan administrasi pemerintahan dan sistem pelayanan publik yang terintegrasi dengan data center,” katanya.

Khusus di tingkat desa dan kelurahan, katanya kedepannya setiap desa dan kelurahan akan memiliki website masing-masing. Dalam website itu memuat data dan informasi yang berkaitan dengan desa dan kelurahan itu sendiri. “SDM di desa dan kelurahan juga akan dilatih. Ini penting agar kedepannya pelayanan pemerintahan hingga di tingkat desa dan kelurahan sudah menggunakan sistem informasi teknologi,” ujarnya.

Walikota Tatong Bara, mengungkapkan sistem pemerintahan berbasis informasi dan teknologi merupakan instruksi presiden. Semua daerah katanya dituntut untuk menjadikan pelayanan publik berbasis IT sebagai jargon daerah. “Pelayanan publik yang cepat, murah, mudah dan transparan mutlak untuk dilaksanakan. Oleh sebab itu teknologi menjadi paling utama. Kita maju sekarang ini karena sudah berisap sejak awal. Sekarang dunia sudah berkembang dan teknologi informasi sudah menjadi pioner saat ini. Kita sekarang sedang bersiap dan insya allah tahun 2021 Kotamobagu menjadi smart city,” ungkap walikota. (ads/trz)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here