Operasi Zebra Sasar Pelanggar Lalu Lintas

0
67
Operasi Zebra Sasar Pelanggar Lalu Lintas Headline Hukum Kotamobagu
Operasi zebra yang dilakukan tim gabungan di depan Paris Superstore.

ZONA KOTAMOBAGU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kotamobagu menggelar operasi lalu lintas bersandikan ‘Operasi Zebra Samrat 2019’. Operasi tersebut digelar 14 hari dimulai 23 Oktober sampai 5 November.

“Pagi tadi gelar pasukan dipimpin bapak Kapolres Kotamobagu yang dihadiri instansi terkait, antara lain Dinas Perhubungan, Satpol PP, Jasa Raharja, Samsat, Denpom serta seluruh kapolsek jajaran dan perwakilan personil,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Kotamobagu, Ipda Agus Julianto.

Dikatakannya, dalam gelar pasukan tersebut Kapolres menekankan agar dalam penindakan nanti di lapangan, harus dengan cara humanis, profesional serta tidak ada kolusi dan nepotisme. “Dalam operasi zebra samrat 2019 melibatkan 50 personel, sasaran penindakan seperti kelengkapan surat kendaraan, kelengkapan pribadi, helm harus standar nasional, tidak menggunakan handphone dalam berkendara, tidak dalam pengaruh alkohol serta roda empat wajib menggunakan sabuk pengaman,” ujarnya.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Satlantas Polres Kotamobagu menghimbau kepada masyarakat untuk patuh dan taat dalam berlalu lintas. “Imbauan juga kepada generasi millenial, tidak dibenarkan mengemudi apabila belum memiliki SIM. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” ucapnya.

Pada Operasi Zebra Samrat 2019 yang digelar, Rabu (23/10) tadi, Satlantas Polres Kotamobagu menggelar operasi ditiga titik yakni Jalan Adampe Dolot, jalur dua Paloko Kinalang dan Kawasan Tertib Lalu Lintas depan Paris Superstore.

Adapun pelanggar lalu lintas yang terjaring operasi sebanyak 47 pelanggar. Rata-rata pelanggaran karena tak memiliki dokumen atau surat kendaraan. “Untuk pelanggar yang tidak memakai helm, tak ada kaca spion, kita tahan SIM dan STNK-nya. Sementara bagi kendaraan yang tidak memiliki surat-surat serta tidak ada plat nomor, kendaraannya kita tahan di Kantor Satlantas,” ujar Agus. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here