PA Kotamobagu Luncurkan Buku Tamu Elektronik dan Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile

0
354
PA Kotamobagu Luncurkan Buku Tamu Elektronik dan Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile Headline Kotamobagu
Suasana presentasi sekaligus sosialisasi aplikasi buku tamu dan pengadilan agama Kotamobagu Mobile dihadapan hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama Manado.

ZONA KOTAMOBAGU – Pengadilan Agama (PA) Kotamobagu meluncurkan program unggulan dua inovasi aplikasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi, dalam rangka membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan PA Kotamobagu.

Dua Inovasi itu yakni, Buku Tamu Elektronik dan Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile yang telah dipresentasi dan sosialisasikan oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, Pengadilan Agama Kotamobagu, Silvia Djafar S.Kom, dihadapan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Manado, Dr Suhadak S.H, M.H, yang merupakan Duta Zona Integritas dan Duta Reformasi Birokrasi Indonesia, Ketua PA Kotamobagu, Drs Muslim, M.H, serta jajaran pegawai Pengadilan Agama Kotamobagu, Selasa (25/2) sore, di ruang rapat PA Kotamobagu.

“Untuk aplikasi buku tamu itu merupakan instruksi Badan Peradilan Agama, yang fungsinya dapat merekam setiap tamu yang datang di Pengadilan Agama Kotamobagu. Sementara untuk aplikasi Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile, masyarakat bisa langsung men-download di aplikasi playstore di handphone android,” kata Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana, Pengadilan Agama Kotamobagu, Silvia Djafar S.Kom.

Dirinya menerangkan, diluncurkannya Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile, untuk menyukseskan program yang dikeluarkan Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Agama (Badilag) yang meliputi 9 aplikasi.

“Salah satu dari Sembilan aplikasi itu dirangkum dalam Pengadilan Agama Kotamobagu Mobile, salah satunya, sistem informasi penelusuran perkara (SIPP). SIPP ini semua masyarakat bisa mengetahui kapan jadwal sidang serta ditunda kapan. Jadi disini semua pihak tidak perlu lagi datang ke kantor Pengadilan agama untuk mencari informasi, tinggal mengakses di aplikasi Pengadilan Agama Mobile Kotamobagu di SIPP. Kemudian ada juga cek AC (Akta Cerai). Biasanya kalau selesai sidang dan diputus hari ini, biasa informasinya dicek lagi 14 hari. Jadi yang bersangkutan tinggal mengecek salinan putusan di aplikasi mobile Cek AC apakah sudah ada atau belum,” terangnya.

Dari informasi itu ada juga termuat informasi tentang pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Kotamobagu.

“Jadi semua bisa dilihat apa yang dilaksanakan PA Kotamobagu dalam membangun Zona Integritas, ada poin-poinnya di dalam. Kemudian yang terakhir itu ada e-survey, di dalam e-survey ini pembangunan zona integritas di PA Kotamobagu sudah dilakukan survey dari masyarakat untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Jadi kedepan diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi ini, dapat membantu dan memudahkan masyarakat pencari keadilan dalam mengakses informasi perkara PA Kotamobagu untuk meraih predikat WBK dan WBBM,” jelasnya.

Perlu diketahui, dua aplikasi yang diluncurkan PA Kotamobagu itu dirancang oleh, Kepala Sub Bagian Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan, Irawati Mustafa S.H.I bersama tim IT PA Kotamobagu. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here