Padat Penduduk, Kotamobagu Barat Miliki Potensi PBB Terbesar

Padat Penduduk, Kotamobagu Barat Miliki Potensi PBB Terbesar Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kecamatan Kotamobagu Barat menjadi wilayah dengan potensi Pajak Bumi Bangunan (PBB) terbesar di Kota Kotamobagu. Meski hanya terdiri dari enam kelurahan, namun wilayah yang menjadi pusat perdagangan itu memiliki jumlah penduduk terbanyak. Melihat potensi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB dari wilayah itu sebesar Rp1,2 miliar.

“Kecamatan Kotamobagu Barat yang paling besar, targetnya 1,2 miliar. Kemudian Kecamatan Kotamobagu Timur 775 juta, Kecamatan Kotamobagu Selatan 593 juta, dan terakhir Kecamatan Kotamobagu Utara 251 juta,” kata Kepala Bidang Penagihan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Hamkah Daun.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan target PBB tahun ini sebesar Rp2,8 miliar. Angka tersebut diyakini bisa dimaksimalkan hingga akhir tahun anggaran. “Penagihan di lapangan terus dimaksimalkan. Kita harap juga ada kerja sama dari para camat dan sangadi-lurah untuk memaksimalkan perangkat desa dan kelurahan dalam melakukan penagihan di lapangan,” jelasnya.

Diungkapkannya, saat ini realisasi PBB sektor perkotaan hingga akhir triwulan III lalu sebesar Rp1,2 miliar atau 53,31 persen dari target Rp2,3 miliar. Sedangkan dari sektor perdesaan sebesar Rp227 juta dari target Rp468 juta atau 48,56 persen. “Memang realisasinya secara keseluruhan belum signifikan, tapi kita yakin di triwulan IV ini akan ada peningkatan,” ungkapnya. (ads/trz)

Tags:

Leave a Response