Pancaroba, Dinkes Kotamobagu Imbau Warga Waspada DBD

0
567

 Pancaroba, Dinkes Kotamobagu Imbau Warga Waspada DBD Kotamobagu

nyamuk Aedes Aegypti

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan Kotamobagu mengimbau masyaralat agar waspada penyakit demam berdarah dengue (DBD), mengingat selang Januari 2015 terdapat 9 warga terserang penyakit yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

“Dari data tercatat ada 9 kasus DBD di Kotamobagu selang Januari 2015,” kata Kepala Dinkes Kota Kotamobagu, dr Salmon Heldelwery, Rabu (04/2) siang tadi.

Ia menjelaskan, guna mengantisipasi dan menanggulangi penyebaran kasus DBD, pihaknya langsung melakukan pengasapan di lokasi warga yang terjangkit, “Dilakukan fogging di lokasi penderita penyakit DBD dengan radius 200 meter sekitarnya,” ungkap Salmon.

Ditambahkannya, musim pancaroba dengan pergerakan cuaca yang tidak menentu kadang panas, kadang hujan bisa memicu perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty karena meningkatnya tempat perindukan nyamuk.

Salmon lanjut mengimbau agar warga menjaga kebersihan lingkungan dan waspada dengan melakukan gerakan 3M Plus, yakni mengubur, menguras, menutup dan menabur bubuk abate wadah yang dapat menampung air.

“Tujuannya untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti sebagai faktor penularan DBD,” terangnya.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here