Pantai Batu Pinagut, Pesona Alam yang Menjanjikan

Pantai Batu Pinagut, Pesona Alam yang Menjanjikan Bolmut Featured News Wisata
Batu Pinagut, salah satu tempat wisata di Kabupaten Bolmut. Tampak keindahan pantai tersebut

Bolaang Mongondow Utara, memiliki banyak destinasi yang layak dikunjungi. Belum lengkap rasanya bagi warga yang datang di daerah yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo itu, jika belum mengunjungi tempat-tempat wisatanya. Batu Pinagut, adalah satu satu objek wisata yang menawarkan keindahan pantai, yang disertai hamparan bebatuan diatas pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta lingkungan sekitar yang masih asli.

Batu Pinagut, begitu etnis Kaidipang menyebutnya, yang memiliki arti batu cabut. Berdasarkan cerita warga, dinamakan batu pinagut, karena batu yang digunakan untuk pembangunan makam raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Kaidipang diambil dari pantai tersebut. Batu-batu itu hanya dicabut kemudian diangkat oleh masyarakat yang berbaris rapih dari pantai hingga jere atau makam raja.

Tak membutuhkan waktu yang lama untuk memanjakan mata dengan keindahan pantai tersebut. Berlokasi di Desa Boroko Utara, pantai tersebut hanya berjarak sekira 500 meter dari pusat ibukota kabupaten, dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Berdasarkan cerita, di pantai ini ada makam raja-raja kaidipang. Batu yang digunakan untuk membuat makam raja hanya dicabut. Sehingga itu dinamakan batu pinagut,” ujar Hasmoto Van Gobel, ketua adat di Desa Boroko Utara.

Tak sedikit orang yang sudah menginjakan kaki di pantai tersebut. Tak hanya dari Bolmut saja, tapi juga dari daerah lain seperti Manado, Minahasa, Gorontalo dan daerah lainnya di Bolmong Raya.

“Kalau tidak pulang ke kampung, biasanya hari Sabtu atau Minggu saya ke sana (Batu Pinagut). Di situ cocok untuk mengisi waktu liburan.” sebut Mario, warga Langowan yang terdaftar sebagai salah satu PNS di lingkup Pemkab Bolmut.

Keindahan alam yang masih alami, menjadi alasan setiap pengunjung yang datang untuk ingin kembali datang ke pantai tersebut. “Jadi betah disini, karena banyak tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kini terus berinovasi dengan mengembangkan potensi wisata. Mempromosikan nama daerah, serta menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah tujuannya.

Berbagai fasilitas, seperti pintu gerbang, pos jaga, MCK dan gazebo sudah disipakan Pemkab. Kedepannya, beberapa fasilitas lainnya seperti seperti banana boat akan disiapkan. Semua itu demi menarik minta masyarakat untuk datang berkunjung.

“Potensi wisata di daerah ini akan dikembangkan. Ini untuk menjual keindahan alam daerah kita, agar bisa dikenal luas masyarakat. Dampak positifnya adalah PAD meningkat serta sangat membantu dalam peningkatan ekonomi masyarakat.(*)

Leave a Response