Panwascam Kotabunan Bak Macan Ompong

0
531
Panwascam Kotabunan Bak Macan Ompong Boltim Politik
F: Ilustrasi, penertiban APK

Zona Politik – Meski telah mengantongi laporan dari masyarakat terkait pemasangan dan penyebaran alat peraga kampanye (APK) para Calon Legislatif (Caleg) yang terang-terangan melanggar aturan, tidak mendapatkan sanksi tegas Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan Kotabunan hingga dinilai bak macan ompong.

“Pelanggaran yang dilakukan caleg-caleg sudah jelas didepan mata, tapi kenapa Panwaslu melalui Panwascam Kotabunan tidak berani menindakinya. Padahal banyak APK diwilayah ini yang terpasang dan sudah menyalahi aturan, ada apa ini,” ujar sumber media ini, yang meminta namanya tak dipubikasikan.

Terpisah, komisioner Panwascam Kotabunan, Rustaman Paputungan mengatakan untuk melakukan penertiban APK yang melanggar aturan adalah kewenangan pemerintah daerah (pemda), pihaknya dalam hal ini hanya sebatas memberi rekomendasi saja.

“Perlu masyarakat ketahui bahwa yang menjadi eksekutor adalah Pemda bukan Panwaslu. Ini yang perlu diluruskan. Sah-sah saja jika masyarakat mengkritik kinerja Panwaslu, karena selama ini masyarakat beranggapan untuk penertiban APK adalah kewenangannya Panwaslu. Tapi perlu diingat, kami (Panwascam) selama ini bekerja sesuai dengan prosedur,” tutur Rustaman.

Rustaman juga mengimbau kepada semua caleg yang ada untuk tetap menaati aturan-aturan yang sudah ditetapkan. “Aturan yang dibuat harus diikuti dan jangan sengaja melakukan pelanggaran, ciptakanlah demokrasi yang baik dan mari kita sukseskan bersama hajatan lima tahunan ini,” ujar Rustaman.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here