Panwaslu Kotamobagu Imbau ASN Tahan “Libido” Politik

0
268
Panwaslu Kotamobagu Imbau ASN Tahan "Libido" Politik Kotamobagu
Suasana sosialisasi Panwaslu

ZONA KOTAMOBAGU – Makin dekatnya hajatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Kotamobagu mengimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menahan diri dan bersikap netral.

“Kami mengimbau agar ASN menahan libido politik,” ujar salah satu Komisioner Panwaslu, Asram Abdjul, saat gelar sosialisasi dalam rangka pengawasan dan penanganan pelanggaran Pilgub 2015, di Aula Seraton, Jumat (25/09).

Dalam acara yang dihadiri perwakilan aparatur 4 kecamatan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan insan pers tersebut, persoalan ASN mendukung salah satu Paslon memang menjadi persoalan yang paling sering ditanyakan.

Ketua Komisoner Panwaslu, Musli Mokoginta dalam kesempatannya mengatakan, Panwaslu bisa memproses ASN yang terlibat politik. Hal itu sebagaimana telah ada MoU (memorandum of understanding) antara Bawaslu dan pemerintah.

“Panwaslu akan bekerja semaksimal mungkin, mengawasi setiap ASN yang tidak menaati UU tersebut. Dan tak akan segan-segan mengambil tindakan jika benar terjadi pelanggaran,” tegas Musli.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Herdi Tayoh, ikut menegaskan bahwa ASN haruslah bersikap netral, “UU ASN nomor 9 pasal 2 menyebutkan, ASN harus bebas intervensi golongan dan partai politik. Jadi ASN harus bersikap netral,” ujarnya.

“Dalam UU ASN nomor 8 Tahun 2015 menyebutkan ASN sudah tidak bisa lagi menghadiri kampanye politik,” tambah Herdi menjelaskan.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here