Pasar Ramadan Kampung Baru Diminati Warga

0
496
Pasar Ramadan Kampung Baru Diminati Warga Kotamobagu
Pasar ramadan kampung baru

ZONA KOTAMOBAGU – Sudah menjadi tradisi, setiap pelaksanaan puasa di Kota Kotamobagu sejumlah warga membuka Pasar Ramadan. Hampir di setiap sudut kampung pasti ditemui lapak mulai yang bentuk tenda kecil hingga berjejer tenda panjang menghiasi bibir jalan.

Salah satunya pasar ramadan di Kampung baru, Kelurahan Kotamobagu Barat, yang begitu diminati warga Kotamobagu. Saban sore banyak warga yang berburu kue dan makanan kesukaannya di pasar tersebut. “Di sini (Pasar kampung baru.red) menu-menu yang dijual enak-enak,” ujar Jeane, warga Mogolaing, saat bersua zonabmr.com, Jumat (19/6) sore tadi

Menurutnya, memang tiap bulan puasa banyak pasar ramadan di Kotamobagu, namun dirinya lebih sering ke pasar kampung baru karena jarak tak jauh dari rumahnya. “Pilihan makanan di sini juga lebih banyak. Cuma untuk tahun ini terasa harga beberapa makanan lebih mahal dari sebelumnya,” katanya.

Mama Angga (42) Salah satu pedagang di pasar tersebut mengungkapkan, tahun ini diprediksi pembeli makin banyak dari tahun sebelumnya. “Pembeli yang datang bukan hanya dari warga muslim, non muslim pun banyak,” katanya.

Lanjut Mama Angga, menjual kue basah di bulan puasa hanyalah musiman saja diadakan, hal itu karena keinginan pasar, sebagaimana warga yang menjalani puasa ingin praktis menyiapkan kue untuk berbuka puasa. Ketimbang buat sendiri, warga lebih memilih membeli yang sudah ada.

Saat ditanyakan terkait dagangannya, Mama Angga pun mengungkapkan, tiap jenis kue yang dijualnya, dipasok sebanyak 100 hingga 150 buah. “Untuk harga, 5000 rupiah bisa dapat 4 kue berbagai jenis,” kata Ibu dua anak ini.

Untuk waktu berjualan, tambah Mama Angga, sejak siang sudah dilakukan persiapan karena waktu ramai pembeli mulai jam 4 sore sampai beberapa menit sebelum beduk berbuka puasa. Untuk pembukaan hari pertama hingga hari kedua sangat ramai pengungjung, jam 6 biasanya jualan sudah habis. “Namun untuk beberapa hari kedepan lagi, bisa sampai jam 9 malam baru jualan habis,” ungkapnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here