Pasokan Menipis, Harga Beras di Kotamobagu Melambung

0
671
Pasokan Menipis, Harga Beras di Kotamobagu Melambung Ekonomi Kotamobagu
Salah satu lapak pedagang beras di Pasar Serasi Kotamobagu

ZONA EKONOMI – Dalam waktu sepekan harga beras di pasaran mengalami kenaikan. Seperti yang ada di Pasar Serasi Kota Kotamobagu, harga beras yang biasanya dijual dengan harga Rp 8000 per Kg, kini mencapai Rp 11.000 hingga Rp12.000.

Asim Mamonto, salah satu pedang beras di Pasar tersebut mengaku, kenaikkan harga beras terjadi lantaran di awal tahun 2015 banyak terjadi musim hujan saat panen. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak beras yang di panen rusak.

“Somo satu minggu ini harga beras nae. Kong torang juga sebagai penjual beras pe stegah mati mo dapa beras dari pentane (sudah seminggu ini harga beras naik. Kami selaku pedagang beras susah mendapatkan stok beras),” kata Asim.

Senada dikatakan pedagang beras lain di pasar tersebut, kenaikan tersebut terjadi tak hanya kerena banyak beras yang rusak, namun cuaca ekstrim awal 2015 mengakibatkan banyak petani yang mengalami gagal panen.

“Dari harga 480 Ribu per karung, saat ini mencapai Rp 600 ribu per karungnya,” ungkap Muis

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan Perkebunan dan Kehutanan (BP4K) Hardi Mokodompit‎ saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya kenaikan harga beras. Kata dia, musim panen betepatan dengan musim penghujan berdampak pasokan beras di Kotamobagu menipis.

“Tetapi dalam minggu ini juga saya bisa pastikan harga beras di Kotamobagu akan kembali normal,” ungkap Hardi, sembari menambahkan pihaknya menargetkan di tahun 2015 ada sekitar 15 ribu ton beras yang akan masuk di Kotamobagu.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here